Ribuan Siswa, Guru dan Orang Tua Meriahkan Gernas Baku 2019

oleh -149 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (19/7/2019)

Setelah diluncurkan setahun lalu, Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) untuk anak usia dini kembali digelar tahun ini. Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Empang, Kamis (18/7) ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Bunda PAUD Kabupaten, Camat beserta Bunda PAUD Kecamatan Empang dan Tarano, para pendidik, murid PAUD dan orang tua. Acara yang diisi dengan senam bersama diikuti sekitar 2.400 siswa dan orang tua serta 300 pendidik TK dan PAUD itu juga dirangkaikan dengan kegiatan lain seperti sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Anak Usia Dini, Sosialisasi PAUD HI, PAUD Green and Clean, Gerakan Menanam Kelor di Pekarangan (GMKP), dan Feeding Center, serta pendidikan karakter anak usia dini.

Baca Juga  Mimpi Jadi Nyata, STP Sumbawa Akhirnya Terwujud

Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril dalam sambutannya menyampaikan gerakan ini bertujuan untuk membiasakan orang tua membaca buku bersama anak agar mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Gernas Baku juga merupakan bagian dari gerakan literasi nasional untuk menumbuhkan minat baca anak yang pada umumnya belum mampu membaca, dalam rangka mendukung pengembangan kemampuan literasi anak melalui peran orang tua.

Bunda PAUD menghimbau para orang tua agar selalu mengawasi kebiasaan anak-anak selama di rumah maupun di lembaga pendidikan. “Saya menghimbau para orang tua untuk menjauhkan anak-anak kita dari kebiasaan dan ketergantungan bermain HP dan menonton televisi secara berlebih,” pungkasnya.

Baca Juga  Wisuda 374 Mahasiswanya, UTS Beberkan Capaian Satu Dekade

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa H. Sahril, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Himpaudi dan IG TKI selaku panitia penyelenggara kegiatan sosialisasi Gernas Baku tahun 2019. Ia berharap agar kegiatan yang bersifat konstruktif seperti ini dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang, mengingat sangat bermakna dalam rangka menanamkan dan menumbuhkan minat baca anak usia dini termasuk para orang tua. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *