Kapolda NTB Komit Jamin Terciptanya Kamtibmas di Sumbawa  

oleh -100 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (18/7/2019)

Kapolda NTB didampingi pejabat utama melakukan tatap muka dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat se-Kabupaten Sumbawa di Kantor Bupati Sumbawa, Kamis 18 Juli 2019. Kegiatan ini merupakan silaturahmi Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM sebagai pejabat baru Kapolda NTB dengan masyarakat Kabupaten Sumbawa. Harapannya dukungan yang terus bersinergi dari masyarakat dalam mengelola Kamtibmas.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc dalam sambutannya, menyampaikan bahwa situasi dan kondisi masyarakat Sumbawa masih tetap rukun dengan beraneka ragam suku bangsa yang ada. Soliditas dan sinergitas telah terbangun dengan baik. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menciptakan kehidupan yang lebih harmonis dan toleran. Masyarakat Samawa sangat terbuka dengan kehadiran Kapolda NTB dan rombongan. “Masukan dan saran dari masyarakat kami ini semoga dapat diterima dan bermanfaat bagi pembangunan di Kabupaten Sumbawa,” ujar Bupati.

Baca Juga  Kantong Motor Tidak Aman Kerap Diincar Maling

Sementara itu Kapolda NTB menyampaikan bahwa jajaran Polda NTB tetap berkomitmen untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Pihaknya akan memaksimal stabilitas keamanan, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta optimalasi penegakan hukum terhadap kejahatan yang ada akhir-akhir ini seperti narkoba, pencurian dan lainnya. Ia pun meminta dukungan segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembinaan Kamtibmas. “Di tengah keterbatasan sumberdaya yang ada melalui evaluasi gangguan Kamtibmas, kami akan lebih mengedepankan kepada upaya penangkalan dan pencegahan dengan melibatkan masyarakat dalam suatu Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling),” ujarnya.

Di bagian lain, Kapolda mengapresiasi situasi dan kondisi yang selama ini kondusif. Kondisi ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan terus, tentunya dengan adanya sinergitas Pemda, Polri dan TNI bersama masyarakat sehingga dapat mengelola potensi kerawanan keamanan seperti konflik sosial, masalah Pilkades dan Pilkada 2020. “Terimakasih atas masukan dan saran dari Tokoh Adat yang sangat respon begitu ada potensi konflik dengan cepat mengatasinya, kita akan tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemprop untuk aktualisasi Tim Penanganan Konflik.

Baca Juga  Kantongi Visa Wisata, WNA Amerika Tertangkap Mengajar

Pada sesi dialog, Muhammad Ali—salah seorang tokoh masyarakat, mengapresiasi kinerja 3 pilar (Babinsa-Babhinkamtibmas-kepala desa) dalam mengembangkan program-program Kapolres Sumbawa. Selanjutnya H. Mas’un menyetujui konsep hubungan Polri dan masyarakat (Ulama-Umaro) dalam pembinaan Kamtibmas melalui strategi silaturahmi dan komunikasi yang manfaatnya sangat besar.

Suasana semakin hangat dan akrab ketika H Syaifullah Karim—tokoh masyarakat memberikan cincin kepada Kapolda NTB sebagai penghormatan terhadap tamu yang datang. (SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *