Tangani Siklus Kemarau, ACT NTB Perluas Distribusi Air Bersih

oleh -208 Dilihat

MATARAM, SR (2/7/2019)

Siklus musim kemarau telah memasuki puncaknya di Juli ini, kekeringan terjadi di beberapa wilayah di Pulau Lombok. Warga mulai kesulitan memperoleh air bersih. Mereka pun harus berjalan beberapa kilometer hanya untuk mendapatkan air bersih. Aksi Cepat Tanggap Nusa Tenggara Barat (ACT NTB) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) kembali mendistribusikan kebutuhan air bersih untuk masyarakat Lombok, khususnya mereka yang tinggal di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur,  Jumat (28/6).

Kepala Program ACT NTB Romy Saefudin mengatakan, Desa Sajang dan Beluk Petung menjadi wilayah dengan tingkat kekeringan terparah saat ini. “Sejak pemulihan gempa, ACT masih menyuplai kebutuhan air warga di kedua desa tersebut,” kata Romy.

Tidak berhenti sampai di situ, seiring meluasnya kekeringan, Romy mengatakan, ACT akan berikhtiar menambah armada untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga di beberapa desa Lombok Utara dan Lombok Timur. “Selain itu, program Sumur Wakaf masih terus berjalan di beberapa lokasi yang dinilai sangat membutuhkan air bersih,” lanjut Romy.

Baca Juga  Bansos Tunai Kemensos Mulai Disalurkan, untuk Sumbawa 28.869 KK

ACT NTB melalui Global Wakaf pun tengah memetakan penambahan lokasi pengeboran Sumur Wakaf. Menurut keterangan Romy, asesmen masih dilakukan di daerah Gunung Sari, Lombok Barat dan Bayan, Lombok Utara, juga di beberapa wilayah Lombok Timur. “Sumur Wakaf ini akan dibangun untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga. Untuk lokasi yang kekeringannya tidak begitu parah akan disuplai dengan armada water tank sampai kondisi warga kembali normal,” lanjut Romy.

Program Sumur Wakaf pun akan diikhtiarkan menjangkau Bima, Dompu, dan Sumbawa. “Beberapa wilayah di sana juga mengalami kekeringan,” tambahnya.
Pada Kamis (27/6) lalu, Badan Metereologi dan Geofidika (BMKG) merilis status kekeringan di NTB yang sudah memasuki level Siaga. Provinsi ini sudah mengalami >31 hari tanpa hujan (HTH).

Baca Juga  Ujicoba Mesin PLTMG Sebabkan Listrik Padam

Sementara itu, ahli sains atmosfer Tri Wahyu Hadi mengatakan, secara umum, iklim di Indonesia, termasuk Lombok, dikendalikan oleh sirkulasi monsun Asia-Australia, yakni aliran udara atau angin di lapisan bawah atmosfer yang melintasi ekuator di atas Indonesia dan berganti arah tiap setengah tahun. Selain perubahan curah hujan, dia menambahkan, ada peningkatan temperatur rata-rata hampir setiap bulan sebesar 0,5 derajat Celsius, sebagaimana dilansir dari laman, World Wide Fund. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *