Distan, Jasindo dan PT Jia Agro Teken MoU Wujudkan Petani Kaya dan Sehat

oleh -30 views

SUMBAWA BESAR, SR (2/7/2019)

Banyaknya persoalan petani khususnya di Kabupaten Sumbawa membuat Dinas Pertanian melakukan berbagai upaya. Instansi yang dipimpin Ir. Talifuddin M.Si ini tidak ingin petani menjadi pihak yang terus dirugikan mulai dari kelangkaan pupuk, gagal panen, biaya produksi mahal dan hasil produksi yang rendah. Karenanya dinas setempat menjalin kerjasama dengan PT Jasindo dan PT Jia Agro dalam rangka pelaksanaan Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Tahun 2019. Selasa (2/7) pagi tadi, digelar pertemuan para pihak yang menghadirkan sejumlah KUPT untuk mensosialisasikan program tersebut.

Ditemui usai pertemuan, Aldo Alduztur Kepala Cabang PT Jasindo Mataram, mengatakan bahwa program asuransi yang ditawarkan pihaknya sangat menguntungkan petani. Hanya dengan membayar premi Rp 36 ribu, petani mendapatkan jaminan. Jika terjadi gagal panen akibat bencana alam dan serangan hama, petani dapat mengklaim ganti rugi rugi kepada asuransi sebesar Rp 6 juta per hektar. “Asuransi Jasindo ini merupakan asuransi usaha tani padi, ini melindungi petani agar tidak merugi,” kata Aldo.

Sementara Direktur Cabang PT Jia Agro, Ikhlas Suhada yang didampingi Direktur Pelaksana, Tri Satriawansyah mengatakan, bahwa kerjasama ini sebagai upaya perusahaannya untuk ikut menyelesaikan persoalan di tingkat petani yang kerap mengalami kerugian mulai dari tanam sampai panen seperti biaya tanam dan produksi tinggi, tapi hasil penjualan rendah. Melalui program yang ditawarkan ini, petani bisa merasakan nikmatnya bertani karena bisa menghasilkan angka yang cukup. Bahkan bisa menjadi kaya. Dengan program ini, selain hanya membutuhkan biaya rendah tapi hasil produksinya tinggi. Dalam hal kerjasama ini, PT Jia Agro akan membantu petani membayar premi asuransi serta tekhnis pendampingan, sosialisasi. Pihaknya juga bekerjasama dengan BNI untuk penyaluran KUR bagi para petani yang tidak memiliki dana untuk bercocok tanam. “Jadi petani tidak bayar premi asuransi karena sudah ditanggung pemerintah dan sebagiannya ditanggung perusahaan kami,” jelas Suhada.

Baca Juga  Jelang Puasa, Pantai Lepu Labangka Diserbu Pengunjung

Selain itu, perusahaannya membantu petani untuk kebutuhan pupuk dengan harga terjangkau, dan hasil tanaman yang sehat. Sebab pupuk yang ditawarkan adalah Pupuk Nutrisil dan Orin, merupakan pupuk cair organic yang diolah dari batuan vulkanik dan menggunakan teknologi Nano partikel. Untuk obat mengusir hama, pihaknya akan mengajarkan petani cara membuat pestisida nabati. Ia berharap melalui program ini tidak ada satupun petani yang merasa minder menjadi petani. Dan untuk diketahui, program pertanian sehat ini sudah digulirkannya sejak Tahun 2013 lalu, dan 99 persen berhasil dengan produksi di atas rata-rata produksi maksimal untuk masing-masing varietas. Misalnya biasanya produksi 8 ton menggunakan pupuk urea (kimia), dengan menggunakan produk Jia Agro, bisa mencapai 9—10 ton per hektar. “Ada tiga pilar metode pertanian sehat yang kami terapkan. Pertama produksinya sehat, yakni berbiaya murah dan berproduksi tinggi serta hasilnya sehat bebas dari unsur kimia. Kedua, sehat secara lingkungan. Dengan pestisida nabati tidak akan membunuh hama melainkan mengusir. Dengan pestisida itu juga memberikan kekebalan pada tanaman. Pastinya pestisida itu bebas bahan kimia. Ketiga, sehat kantong. Petani menjadi untung, karena biaya murah tapi hasilnya meningkat dan sehat,” paparnya.

Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir Talifuddin M.Si menyambut positif kerjasama tersebut dalam ikhtiar menjadikan petani Sumbawa berdaya. Melalui kerjasama ini, petani terjamin asuransi jika gagal panen, produk yang dihasilkan sehat dan kebutuhan pupuk petani terpenuhi. Keberadaan pupuk organik yang disiapkan perusahaan menjadi solusi terhadap kekurangan pupuk di daerah ini. Sebab dari 80 ribu ton pupuk subsidi yang dibutuhkan untuk mengakomodir kebutuhan petani hanya tersalurkan sekitar 40 ribu ton, artinya ada kekurangan 50 % kebutuhan pupuk. Karena itu pihaknya sangat mendukung program dan kerjasama tersebut sebab tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.