Sinergy 2019 Sukses, Ditutup Presentasi 7 Finalis Lomba Aplikasi Mobile

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/6/2019)

Event Sinergy sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Setelah sukses dengan kegiatan sinergy pada tahun 2017 lalu, kini Program Studi Informatika bersama BAPPEDA, BRI dan Komunitas Bale Developer kembali menggelar event yang sama dengan  dengan tema Starategy of Startup  in Industri 4.0 yang diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Jum’at dan Sabtu dengan rangkain kegiatan workshop pada hari pertama dan seminar pada hari kedua yang dirangkaikan dengan persentase Lomba Mobile Apps.

Seminar nasional yang dilaksanakan pada Sabtu (29/7/2019) sukses digelar dengan jumlah peserta seminar sebanyak 200 orang yang berasal dari berbagai latar belakang seperti pegiat UMKM, komunitas IT, pelajar, serta mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas di Sumbawa dan beberapa instansi terkait. Tidak kalah menarik dengan jumlah peserta yang hadir, narasumber yang dihadirkan pada acara seminar kemarin sangat luar biasa. Di antaranya dari Google Developer Exper (Sidiq Permana), CTO WowBid (Rendra Toro), Presiden Direktur & CEO PT. BorSya Cipta Communica (Boris Syaifulla), Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Kepala Diskominfotik Kabupaten Sumbawa dan praktisi-praktisi dari daerah Sumbawa.

Topik menarik yang disampaikan pada Sabtu lalu yaitu “Kesiapan Pemda Sumbawa di Era Industri 4.0” yang disampaikan oleh Kepala Diskominfotik Sumbawa. Selain itu, Sidiq Permana yang sudah ketiga kalinya berkunjung ke Sumbawa menyampaikan tentang  “Product Development And Product Delivery”  dan tiga topik menarik lainnya yang berkaitan dengan industry 4.0. Tidak hanya seminar, kegiatan Sabtu lalu juga dirangkaikan dengan presentasi Finalis Lomba Mobile Apps. “Melalui lomba aplikasi mobile, diharapkan mampu menjadi stimulus developer-developer software lokal untuk bisa lebih berkarya dan menghasilkan peroduk-produk inovatif,” kata Made Widiarta, selaku Ketua Panitia.

Baca Juga  Tragis !! Rusli Kehilangan Rumah Saat Lebaran Idul Fitri

Dari sekian banyak peserta lomba yang mendaftar mengerucut 7 finalis yang berkesempatan mempresentasikan aplikasi yang dibuat. Aplikasi Hijaiyaku (aplikasi game belajar bahasa hijaiyah) menjadi aplikasi yang mendapat point tertinggi dan menjadi juara 1 pada kegiatan tersebut. Selanjutnya aplikasi Ruang Temu (sudah bisa diunduh di playstore) dan Afifah aplikasi guide plus translator bahasa daerah. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan bisa mengasah skill yang dimiliki putra-putra daerah sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Sumbawa,” kata Rahmat Hidayat salah satu peserta lomba.

Dengan berakhir dan suksesnya kegiatan Sinergy of Startup In Industry 4.0 besar harapan Rahmat sebagai pemenang (Juara 1) agar kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan kembali pada tahun 2020 mendatang. (SR)  

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.