Peran GenBi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

oleh -1.622 views

Oleh: Riski Hamdayani (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Samawa Penerima Beasiswa Bank Indonesia)

SUMBAWA BESAR, SR (27/6/2019)

GenBI singkatan dari Generasi Baru Indonesia, adalah sebuah organisasi sama seperti organisasi lainnya. GenBI dibentuk untuk mengumpulkan para penerima beasiswa Bank Indonesia sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan intelektual, bakat dan jiwa kepemimpinan serta kemampuan presentasi hingga kesempatan internship, baik di BI maupun berbagai perusahaan multinasional, sekaligus menjadi wadah pengabdian masyarakat yang terkait dengan pengabdian sosial maupun yang berkaitan langsung dengan bank Indonesia. Generasi Baru Indonesia juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial serta menumbuhkan semangat dan jiwa pengabdian terhadap masyarakat sehingga para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dapat menjadi pemimpin yang menjulang ke atas dan mampu mengakar ke bawah hingga terbangunnya mental pembelajaran yang bertitik pada proses perbaikan diri yang berkelanjutan. Beasiswa Bank Indonesia memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap kehidupan mahasiswa, dengan adanya beasiswa ini meringankan beban mahasiswa.

Salah satu mahasiswa UNSA Nanda Putra jurusan Ilmu Admistrasi Negara mengatakan bahwa “Beasiswa ini sangat membantu dengan adanya beasiswa ini saya dapat membayar uang kuliah tanpa harus membebankan kedua orang tua. Selain itu saya juga mendapatkan banyak pengalaman-pengalaman baru sejak menerima beasiswa ini, karena beasiswa ini tidak sama dengan besiswa lainnya karena di sini kami selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya.

GenBi memiliki 4 divisi dalam mewujudkan berbagai pengabdiannya kepada masyarakat di antaranya divisi kewirausahaan, divisi pendidikan, divisi social lingkungan, divisi Kesehatan. Dari setiap divisi akan memiliki program masing-masing yang berbeda untuk dilaksanakan setiap tahunnya. Seperti Divisi Kewirausahaan biasanya akan menjalakan program yang terkait dengan wirausaha misalnya pelatihan wirausaha dan lain sebgainya. Divisi pendidikan akan menjalankan program yang terkait dengan pendidikan misalnya mengajar anak-anak di suatu desa, pelatihan mengajar dan lain sebagainya. Divisi Sosial Lingkungan biasanya akan menjalankan program sosial misalnya memberikan santunan buka puasa di Panti Asuhan, bakti sosial dan lain sebagainya. Kemudia divisi Kesehatan akan melakukan progam yang terkait dengan kesehatan misalnya penyuluhan kesehatan dan lain sebagainya.Dari program setiap divisi yang telah disusun akan dilaksanakan secara bersama oeh semua anggota GenBI akan tetapi yang memiliki tanggung jawab lebih besar adalah divisi yang memiliki program kerja. GenBI juga diikut-sertakan dalam kegiatan yang dilaksanakan Bank Indonesia untuk membantu seperti Lomba Cerdas Cermat Kebanksentralan, Sosialisasi CIKUR (Ciri-Ciri Keaslian Rupiah), Penukaran Uang Receh dan masih banyak lainnya. Pada intinya, GenBI diikut perankan dalam kegiatan Bank Indonesia dan harus lebih mengetahui mengenai kebanksentralan dari pada selain GenBI.

Baca Juga  Cara Pemprov NTB Tangani Covid-19 dan Pulihkan Ekonomi Dipuji Pusat

GenBi tersebar diberbagai provinsi yang ada di Indonesia dan salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat,dengan 3 perguruan tinggi sebagai penerima beasiswa dari Bank Indonesia diantaranya UNRAM (Universitas Negeri Mataram), UIN (Universitas Islam Negeri) dan yang terakhir merupakan perguruan tinggi swasta, yang diberikan kepercayaan oleh Bank Indonesia selain dari 4 perguruan tinggi swasta lain di Indonesia yaitu UNSA (Universitas Samawa).

Berbagai kegiatan sosial yang mereka jalankan sebelumya disusun melalui program kerja yang telah disetujui dan dirapatkan bersama anggota lain, kegiatan sosial yang dilaksanakan selalu berkaitan dengan hari-hari besar atau hari-hari penting, seperti kegiatan yang dilaksanakan tanggal 21 April kemarin bertepatan dengan Hari Kartini. GenBi dari berbagai komisariat ikut menyemarakkan dengan kegiatan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Mataram untuk UNRAM dimana panti social tersebut merupakan tempat para lansia. Konsep kegiatan adalah pemberian kejutan berupa pembagian nasi dan bunga sebagai tanda cinta. Sedangkan untuk komisariat UIN melakukan kegiatan sosialnya di panti social Paramita Mataram dengan bentuk kegiatan seperti games bersama untuk menunjukkan sikap peduli GenBi sekaligus hiburan dan pemberian hadiah. Untuk Komisariat UNSA mereka melakukan kegiatan di salah satu pasar tradisional Sumbawa yaitu Pasar Seketeng dengan membagikan nasi dan bunga untuk ibu-ibu lansia yang berjualan. Tidak hanya berkaitan dengan hari-hari besar saja, GenBi juga melakukan kegiatan social kemasyarakatannya di hari-hari biasa guna memberikan sebuah dedikasi kepada masyarakat melalui program kerja yang sudah disusun sebelumnya.

GenBi juga menuangkan kepedulian mereka terhadap lingkungan alam dengan melakukan kegiatan penanaman 3000 pohon mangrove pada tanggal 3 Desember 2018 lalu untuk komisariat UNRAM dan UIN bertempat di Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat yang dilakukan oleh 100 anggota GenBi bersama masyarakat pengelola ekowisata mangrove, jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta sejumlah pegawai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB. Kegiatan penanaman bibit mangrove sebagai upaya konservasi lingkungan pesisir pantai bertajuk “Indonesia Bersih-Satu Mangrove Selamatkan Bumi Kita”. Diharapkan pada masa yang akan datang mangrove yang tumbuh dapat menjadi labolatorium alam sebagai tempat penelitian, serta menjadikan daerah tersebut sebagai destinasi wisata mangrove unggulan.

Baca Juga  Tiga Mantan Karyawan Bank NTB Siap-siap Jadi Tersangka

GenBi UNSA juga melakukan kegiatan peduli terhadap lingkungan dengan melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove pada tanggal 23 Desember 2018 lalu di Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Achris Sarwani, Wakil Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah, Wakil Rector 3 UNSA Salahuddin, Camat Moyo Utara, Kepala Desa Penyaring, dan masyarakat setempat. Selain menanam mangrove, GenBi UNSA juga melakukan pengecatan jembatan dan brugak demi mempercantik dan menarik minat pengunjung untuk datang menikmati wisata di hutan mangrove dan menjadikan daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata mangrove unggulan, sehingga ujungnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Saya sebagai penulis berharap semoga beasiswa Bank Indonesia ini dapat tersebar luas di seluruh wilayah yang ada di Indonesia bukan hanya lebih mendominasi perguruan tinggi negeri saja tetapi juga perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan, memotivasi generasi muda kalangan tidak mampu berprestasi untuk menyelesaikan pendidikan tinggi, serta meningkatkan prestasi untuk menghasilkan SDM yang mandiri dan produktif. GenBI sendiri salah satu bentuk nyata dari Program Sosial Bank Indonesia dalam meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, yang dibimbing untuk berbagi energi untuk negeri melalui berbagai kegiatan yang melibatkan

masyarakat umum secara langsung. Agar mereka menjadi mahasiswa yang kreatif, berwawasan luas, dan perduli terhadap kondisi masyarakat, dengan adanya program beasiswa dari Bank Indonesia, potensi mahasiswa yang tergabung dalam komunitas GenBI mampu dimaksimalkan dengan baik sehingga bisa berkontribusi lebih untuk negeri melalui berbagai bidang program kerja yang mereka jalankan. (*)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.