Mendeteksi Potensi Desa Talonang Baru Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat

oleh -133 views

Oleh: Siti Fatimah (Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Samawa (UNSA)Sumbawa Besar

SUMBAWA BESAR, SR (26/6/2019)

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi kekayaan laut yang luar biasa. Indonesia disebut dengan negara yang kaya akan keberagaman hayati maupun non hayati. Kekayaan non hayati dikenal juga dengan istilah sumber daya alam abiotik. Sumber daya alam abiotik merupakan sumber daya alam yang berasal dari benda mati. Salah satunya air. Kekayaan air yang dimiliki Indonesia meliputi pesona laut yang telah mendunia. Pesona laut Indonesia mampu menghipnotis para wisatawan hingga dapat meningkatkan pendapatan negara. Seorang peneliti  dari Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Puji Rahmadi, menyebutkan perkiraan kasar nilai potensi laut Indonesia sampai Maret 2019 adalah senilai 1.772 triliun. “Kekayaan (kasar) laut Indonesia dengan kisaran 1.772 triliun rupiah tersebut merupakan sama dengan angka 93% total pendapatan APBN Indonesia di tahun 2018”. Kekayaan kasar yang dimaksud Puji adalah angka yang diambil dari nilai mentah potensi kekayaan Indonesia. Artinya, belum termasuk perhitungan-perhitungan subjektif yang membuat nilai kekayaan tersebut menjadi berbeda-beda di tiap daerah. (ww.gatra.com/22/04/2019).

Indonesia tak akan ada habisnya mencuri perhatian dunia dengan pesona laut yang dimiliki, salah satunya Nusa Tenggara Barat. Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan wilayah yang terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dengan luas wilayah 20.153,15 km2. Pesona Nusa tenggara bara nampak pada keindahan berbagai tempat wisata yang telah mendunia seperti Taman Narmada, Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Air Terjun Mata Jitu dan Gunung Rinjani.

Baca Juga  Dikbud Sumbawa Gelar Pelatihan Verifikasi dan Pelaporan BOS

NTB merupakan wilayah yang terdiri dari beberapa kabupaten. Salah satu kabupaten yang sangat mendunia dan memeiliki kekayaan alam luar biasa yaitu Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan kekayaan hasil tambangnya. Selain hasil tambangnya Kabupaten Sumbawa Barat memiliki destinasi alam yang sangat menakjubkan. Bahkan siapa saja yang bekunjung ke sana akan disuguhkan dengan pesona surga laut yang begitu indah. Salah satu pesona laut yang disuguhkan kabupaten Sumbawa barat terdapat di desa Talonang Baru, kecamatan Sekongkang.

Desa Talonang Baru merupakan desa yang berada di wilayah perbatasan antara Sumbawa dan KSB. Desa Talonang Baru sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan berada di wilayah selatan Pulau Sumbawa yang didiami oleh komunitas Sumbawa. Desa Talonang Baru dibagi menjadi 3 bagian yaitu ada blok A, blok B, dan blok C. Bagian tersebut memiliki nama seperti blok A ( dusun Monek), blok B (dusun Sampar Ujung), dan blok C (dusun Talonang).Desa Talonang Baru juga termasuk daerah yang masih terbilang cukup baru merasakan perkembangan teknologi. Meskipun demikian desa Talonang Baru memiiki potensi SDA (Sumber Daya Alam) yang baik untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Potensi Sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber penghasilan tersebut yaitu’isi mada’’. Isi mada merupakan hasil laut yang dapat kita ambil isi dari pantai yang berada di wilayah setempat. Adapun isi mada itu terdiri dari rosang, telokan kuning, tontong, bobo, dan rumput laut. Cara mendapatkan isi mada yaitu ketika surutnya air laut..Selain isi laut yang memiliki potensi menghasilkan penghasilan, destinasi pantai juga tak lagi menyuguhkan pessona yang dapat menambah penghasilan.

Baca Juga  KOMPAK dan Pemkab Sumbawa Beri Penghargaan Dosen dan Mahasiswa KKN

Desa Talonang Baru merupakan desa yang sebagian wilayahnya adalah pantai. Salah satu pantai yang telah bekerja sama dengan PT Newmont ialah Pantai Mawel. Pantai Mawel merupakan pantai penghasil penyu terbanyak. Berdasarkan kerjasama yang telah ada, PT Newmont melakukan penangkaran penyu. Dari kerjasama tersebut membuktikan bahwa Desa Talonang Baru memiliki potensi laut yang tak kalah dari wilayah lain di Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Selain pantai Mawel, Desa Talonang Baru juga memiliki beberapa destinasi pantainya yang tak kalah menarik antara lain Pantai Lebewe, Pantai Talonang, Pantai Monek, Pantai Liang Jalu, Tatar, dan Pantai Buten. Pantai- pantai tersebut juga memiliki pesona yang tak kalah menarik dari pantai dan Mawel. Namun, realitanya pantai-pantai tersebut belum dikelola dengan baik oleh masyarakat dan belum mendapat perhatian dari pemerintah. Apabila hal tersebuttidak segera mendapat perhatian tentu akan berdampak dari kurangnya minat masyarakat untuk berkunjungi ke wilayah tersebut.

Adanya berbagai potensi di desa Talonang baru, terutama potensi keindahan lautnya,besar harapan penulis semoga desa Talonang Baru mendapat perhatian pemerintah untuk dapat mendirikan suatu tempat wisata. Sehingga dapat bersaing dengan potensi-potensi laut yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat.dan wilayah desa Talonang Baru dapat dikenal oleh masyarakat baik yang berada di pulau Sumbawa maupun yang berada di luar pulau Sumbawa. (*)

 

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.