Bupati Sumbawa Minta Investor Korea Percepat Bangun Pabrik Pelet

oleh -39 views
Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc

Dapat Bonus Pelabuhan Teluk Santong 

SUMBAWA BESAR, SR (26/6/2019)

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc menyambut antusias rencana investasi perusahaan Korea di Kabupaten Sumbawa untuk Pengembangan Wood Pellet, Pembangunan Biomass Power Plant, dan Budidaya Tanaman Energi. Sebagai bentuk penerimaan Pemda, Bupati mengaku telah menyiapkan lahan, termasuk rencana-rencana ke depan. “Ground breaking yang rencana September nanti, bila perlu dipercepat karena keberadaan investasi ini akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan di daerah,” kata Bupati yang dicegat SAMAWAREA usai menghadiri presentasi rencana investasi PT Gemco dan PT ABC di Gedung DPRD Sumbawa, Selasa (25/6).

Selama ini diakui Bupati, alotnya proses ini, karena Pemda Sumbawa ingin melihat kesungguhan investor tersebut untuk berinvestasi, di samping menyiapkan perangkat aturan yang mesti dilaksanakan pihak perusahaan ke depan. Sebab selama ini banyak investor yang datang dan membuat kesepakatan, setelah itu menghilang. “Dengan kehadiran manajemen perusahaan yang datang langsung dari Korea untuk menjelaskan rencana investasi ini, membuktikan kesungguhan mereka. Ini sangat positif dan harus direspon secepatnya,” tegas Bupati.

Apalagi lanjut Bupati, keberadaan pabrik pellet dan power plant yang dibangun investor, secara tidak langsung memberikan hadiah bagi pemerintahannya yaitu dibangunnya Pelabuhan Teluk Santong. Sebab pelabuhan itu dibangun karena ada pabrik tersebut, demikian sebaliknya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi kepada DPRD Sumbawa yang memberikan persetujuannya bagi percepatan investasi ini. Nantinya dokumen persetujuan dari DPRD akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama atau MoU, yang kemungkinan akan dilaksanakan di Korea. “Ketika semua mendukung, tinggal eksekusi saja,” pungkasnya.

Baca Juga  Cegah Corona, Alfamart Pasang Bak Pencuci Tangan dan Garis Pembatas Jarak Antrian

Sementara Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si memastikan persetujuan DPRD terhadap rencana investasi itu akan dibacakan dalam rapat paripurna Jumat (malam) mendatang. Sebenarnya proses ini sudah lama, hanya DPRD ingin melihat kesungguhan pihak perusahaan. “Sekarang kami sudah yakin dan tidak ada alasan untuk tidak setuju,” imbuhnya.

Sebelumnya Anggota DPRD, Salamuddin Maula mempertanyakan sejauhmana keterlibatan masyarakat dan pemda dalam investasi tersebut. Politisi PKS ini juga menginginkan agar perusahaan dapat bekerjasama dengan Science Techno Park (STP) dalam memproduksi alat-alat teknologi yang digunakan perusahaan. Selain itu meminta perusahaan untuk memberikan jaminan kesungguhan. “Kami tidak ingin menjadi penonton di daerah sendiri,” tandasnya. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.