Momen HKG ke 47, TP PKK Bertekad Menjadi Hebat dan Bermartabat

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (18/6/2019)

“Tingkatkan Kinerja Gerak PKK Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat” menjadi tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi di Gedung Wanita, Selasa (18/6). Acara yang diawali dengan penampilan sanggar tari Liser SMANDA membawakan Tari “Siru Tanam” tersebut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, Ketua TP PKK Sumbawa beserta jajaran, Ketua GOW, perwakilan anggota Forkopimda, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Pimpinan OPD, Camat, Ketua IISWARA, dan Ketua DWP Sumbawa.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya melalui Asisten Perekonomian A. Rahim, S.Sos menyatakan bahwa gerakan PKK telah banyak berkontribusi memberdayakan keluarga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Keberhasilan pelaksanaan program PKK selama ini, tidak lepas dari strategi yang diterapkan dalam upaya menjangkau sebanyak mungkin keluarga, yaitu melalui “Kelompok Dasawisma” beranggotakan 10 KK yang saling berdekatan.

Melalui kesempatan tersebut Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap TP PKK dari tingkat kabupaten hingga desa atas segala darma bakti yang telah diberikan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga di daerah ini. Disampaikan pula beberapa hal terkait tugas dan peran yang harus terus dilakukan oleh segenap TP PKK. Adalah tetap melakukan konsolidasi dan evaluasi kegiatan secara menyeluruh sehingga dapat dilakukan pembenahan ke arah yang lebih baik. Memahami bahwa TP PKK Kabupaten beserta segenap jajarannya memiliki peran yang penting dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan di daerah ini. Kemudian diharapkan pelaksanaan program–program PKK senantiasa bersinergi dengan program–program pembangunan daerah. Bupati jug berharap kepada ibu-ibu agar selalu menerapkan prinsip kesetaraan, tidak pilih kasih dalam melakukan pembinaan. Dalam arti, pembinaan hendaknya dilakukan secara merata ke berbagai wilayah. Terakhir, berdayakan dan fungsikan kelompok–kelompok dasa wisma yang sudah ada, mengingat keberadaan mereka yang sangat strategis sebagai ujung tombak pelaksanaan program kerja PKK, dan dapat berperan aktif dalam melestarikan semangat gotong royong dalam masyarakat.

Baca Juga  Rekon Pasca Gempa, Gubernur NTB Minta Fasilitator Bergerak Cepat

Ketua Umum TP. PKK Pusat dalam sambutannya yang dibacakan Ketua TP. PKK Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril menyampaikan sentral peringatan HKG PKK ke-47 tahun 2019, “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah”, mengandung makna bahwa melalui momentum peringatan HKG PKK diharapkan TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah mampu menjalani kewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah.

Dikatakan, dari berbagai program kegiatannya, PKK Sumbawa telah banyak meraih keberhasilan–keberhasilan yang mendapat apresiasi dari pemerintah pusat maupun Provinsi NTB. Namun hendaknya tidak berpuas dan berbangga diri dengan apa yang dicapai sekarang, karena masih banyak tantangan yang harus diselesaikan baik mengenai kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan, dan kebobrokan moral.

Memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK seperti ini, hendaknya juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah dilakukan TP PKK selama setahun ini. Kemudian, melakukan penilaian diri, apakah ada keberhasilan atau kemajuan program maupun kegiatan PKK selanjutnya, dan merumuskan strategi dan langkah-langkah tindak lanjutnya dalam bentuk rencana kerja TP PKK.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara, Irine Silviani Wirawan, SP.,M.Si melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut selain untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat, juga untuk meningkatkan pemahaman jajaran TP. PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang tujuan program dan kegiatan, dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta meningkatkan motivasi dan kesadaran kader TP. PKK, dan masyarakat untuk lebih mengetahui, mau dan mampu melaksanakan program PKK serta aktif mendukung kegiatan PKK dan meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program PKK melalui karsa, inisiatif dan ketekunan. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.