Bupati Bangga, Siswi SMA 2 Sumbawa Lolos Jadi Anggota Paskibraka Nasional

oleh -137 views

SUMBAWA BESAR, SR (10/5/2019)

Akhirnya Kabupaten Sumbawa kembali mengirim dutanya sebagai anggota Paskibraka tingkat nasional pada Tahun 2019 ini. Sumbawa sempat absen sejak 2016 lalu. Kali ini, duta Sumbawa yang melenggang ke Istana Negara untuk menjadi bagian dalam anggota Paskibraka Nasional pada HUT Kemerdekaan RI ke-74, adalah Selly Melsyan Silva. Siswi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 2 Sumbawa ini mampu menyisihkan 34 calon anggota paskibraka pada seleksi provinsi yang berlangsung di Hotel Pratama Mataram, 3—5 April lalu. Selain Selly, Provinsi NTB juga mengirim Muhammad Adzan–siswa MAN 2 Kota Bima, sebagai anggota Paskibraka tingkat nasional. “Alhamdulillah, tahun ini ada dua yang lolos ke nasional. Satu dari Kabupaten Sumbawa, yang satunya lagi dari Kota Bima,” ujar Ketua Purna Paskibraka Kabupaten Sumbawa, Shalahuddin, SH.

Khusus dari Kabupaten Sumbawa kata Kak Bho—sapaan pejabat bertubuh subur ini, ada empat pelajar yang mengikuti seleksi tingkat provinsi. Selly jadi satu-satunya pelajar dari SMAN 2 Sumbawa. Tiga kandidat lainnya yakni Sultan Putra Wirataha Ranteg, Nadia Nazmi Musfirah dan Ratu Balqis Islamy Tamal, semuanya berasal dari SMAN 1 Sumbawa. Dalam seleksi ini, pengetahuan peserta tentang wawasan kebangsaan, budaya, adat, keagamaan sampai ilmu bela negara di tes oleh juri. Selama mengikuti seleksi, kemampuan dan intelektual Selly, anak pertama dari Taufik Andre dan Rosmiati ini cukup menonjol. Ia dan Muhammad Adzan pun akhirnya terpilih menjadi dua wakil NTB menyikirkan peserta lainnya sebagai anggota Paskibraka tingkat nasional. “Jadi dari 34 peserta yang ikut seleksi ini, dua orang terpilih jadi Paskibraka nasional. Ada juga empat peserta yang gugur dan dikembalikan ke kabupaten. Sedangkan 28 peserta terpilih jadi anggota Paskibraka provinsi. Untuk provinsi ini, ada tiga pelajar kita yang terpilih,” terang Kak Bho yang juga menjabat Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  Pesta Cairan Liquid Vape, Murid SD Mabuk Saat Ujian Semester

Sebelum bertugas ke Istana Negara, Selly akan diberikan latihan tambahan berupa ketahanan fisik dan tambahan wawasan seputar kebudayaan daerah.  Untuk tambahan wawasan ini akan dibimbing langsung oleh pakarnya yakni H Hasanuddin S.Pd.

Keberhasilan Selly, menjadi anggota Paskibraka Nasional ini, mendapat apresisasi dari Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, BSc. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril, S.Pd, bupati mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih Selly. Bupati pun menyampaikan akan tetap komit memprioritaskan kegiatan Paskibraka, karena cukup banyak raihan prestasinya. Untuk diketahui, komitmen bupati terhadap Paskiraka ini sudah dilakukannya sejak lama. Bahkan sejak Bupati Sumbawa menjabat pimpinan DPRD Sumbawa. (SR)

 

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.