“Bu Lela” UNSA Tingkatkan Kewirausahaan Santri Ponpes Al-Muthmainnah

oleh -89 views

SUMBAWA BESAR, SR (10/5/2019)

Tim PKM program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Universitas Samawa (UNSA) kembali meraih prestasi pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Raihan prestasi ini sekaligus mencetak sejarah baru sebagai prestasi keempat kalinya secara berturut-turut dalam PKM. Prestasi yang sangat membanggakan ini merupakan hasil kerja keras mahasiswa dan dosen pembimbing yang ditunjang oleh dukungan institusi yang luar biasa. Proposal MSP merupakan satu dari delapan proposal UNSA yang lolos dan mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti. Judul PKM MSP yang lolos seleksi dan mendapat pendanaan adalah “Aquaculture: Program Peningkatan Keterampilan Santri Ponpes Al-Muthmainnah Dalam Budidaya Terintegrasi Lele Dan Labu (Bu Lela)”. Melalui PKM ini tim PKM MSP yang diketuai oleh Firda Amelia beranggotakan Yunita Safitri dan Khadijah telah memberikan penyuluhan, pelatihan, praktek budidaya dan pendampingan “Bu LeLa (Budidaya Lele dan Labu)”. Budidaya yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah budidaya sistem terintegrasi antara lele dan labu. Sistem ini dikarenakan lele termasuk hewan yang tidak terlalu tahan panas, sehingga labu akan menjadi para-para dan mengurangi suhu panas pada kolam pemeliharaan lele. Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk transfer pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya lele dan labu mengingat melalui ‘Bu LeLa”, Prodi MSP berhasil mendapat PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan) tahun 2016 dan pada tahun 2018 menjadi finalis KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia).

Baca Juga  Disaksikan Gubernur NTB, Air Asia dan Kemenpar Teken Kerjasama

Ide Bu LeLa di Pesantren Al Muthmainnah berawal dari kepedulian tim PKM mahasiswa terhadap pemanfaatan kembali sisa air wudhu yang tertampung dalam kolam penampungan yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal dilihat dari kuantitas dan kualitas air, memiliki potensi untuk budidaya. Khadijah sendiri (anggota tim PKM) merupakan alumni dari Pesantren Al Muthmainnah. Kegiatan ini menjadi bentuk pengabdian alumni kepada sekolahnya. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh tim PKM meliputi kegiatan penyuluhan budidaya dan kewirausahaan yang dilaksanakan pada 15 April 2019, kegiatan pembentukan Kelompok Bu LeLa 16 April 2018, kegiatan pembuatan para-para dan penanaman labu pada 30 April 2019, kegiatan pelatihan dan penebaran 1000 bibit lele jenis Sangkuriang 1 Mei 2019. Selanjutkan akan dilaksanakan kegiatan pendampingan hingga pemanenan dan pemasaran LeLa. Dari hasil monitoring dan evaluasi didapatkan adanya peningkatan pengetahuan santri Ponpes Al Muthmainnah tentang budidaya dan kewirausahaan sebanyak 85 %. Disamping itu terdapat adanya peningkatan keterampilan santri dalam melakukan budidaya lele dan labu, keterampilan pemberian pakan, keterampilan bekerjasama dalam kelompok dan kemandirian dalam melakukan tugas dan tanggungjawab.

Kepala Sekolah setempat, Sandi sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan PKMM di sekolahnya. Kegiatan ini seperti mimpi yang diwujudkan berkat tim PKM MSP UNSA. Ia juga sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini karena kolam penampungan air wudhu dapat termanfaatkan di samping itu santri Ponpes juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan budidaya.

Baca Juga  Pol-PP KSB Amankan Ribuan Petasan

Sementara Dwi Mardhia, M.Sc selaku Dosen Pembimbing dan Kaprodi MSP merasa bangga terhadap pencapaian mahasiswanya dalam mempertahankan prestasi di bidang PKM. Ia bersyukur atas keberhasilan tersebut yang merupakan buah kerja keras dan semangat seluruh tim PKM Mahasiswa dan dosen pembimbing. Capaian tersebut bukanlah akhir dari perjuangan tim PKM MSP UNSA, perlu upaya ke depan dalam memperkuat tim PKM dalam menghadapi proses selanjutnya yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Bu Ewi–panggilan akrabnya berharap kegiatan PKM-M yang sudah dilakukan bisa menjadi modal bagi santri dalam melahirkan wirausahawan mandiri budidaya lele. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.