Gerak Cepat PD Muhammadiyah Beri Bantuan Medis untuk Muallaf Abdul Munir

oleh -60 views

SUMBAWA BESAR, SR (7/5/2019)

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sumbawa bergerak cepat untuk memberikan perhatiannya terhadap kondisi Abdul Munir, seorang mualaf asal Sumba NTT. Setelah tersiar kabar memprihatinkan ini melalui pemberitaan media online (samawarea), PD Muhammadiyah yang tergabung dari berbagai unsur di dalamnya seperti Pemuda Muhammadiyah, Panti Asuhan, MDMC dan Lazismu mendatangi Abdul Munir yang terbaring tak berdaya di bawah kolong rumah sawah milik salah seorang warga di Lingkungan Raberas, Kelurahan Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Selasa (7/5) sore tadi. Saat turun ke lokasi, PD Muhammadiyah menggandeng Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa. Selain itu pihak Baznas Sumbawa juga ikut memberikan perhatiannya. Dalam waktu singkat, pria paruh baya yang badannya terlihat jelas tulang belulang ini langsung dievakuasi ke Rumah Sakit PKU Surya Medika Sumbawa guna mendapat penanganan medis secara intensif termasuk asupan gizi yang memadai. Abdul Munir diduga mengalami stroke sehingga kaki dan tangannya terasa kaku dan tidak bisa digerakkan. Selama ini untuk memenuhi kebutuhan makan dan minumnya, Munir hanya berharap belas kasih warga setempat. Keberadaan Munir di Sumbawa ini tanpa sanak kerabat. Dia dicampakkan keluarganya di Sumba NTT setelah diketahui menjadi mualaf dan memeluk Agama Islam.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbawa, Edy Kurniawansyah yang didampingi Mirajuddin dari Dinas Sosial sekaligus Ketua LazisMu, Ustadz Sumanto dari MDMC dan Ustadz Yendi dari Panti Asuhan Muhammadiyah kepada media ini mengatakan, pihaknya dari PD Muhammadiyah melakukan langkah produktif dan kongkrit untuk merespon informasi dari media massa terkait keberadaan seorang mualaf yang rela hidup menderita dalam upaya mempertahankan keyakinannya sebagai seorang muslim. Pihaknya merasa prihatin dan respek terhadap kondisi Abdul Munir yang terbaring tak berdaya akibat sakit parah yang dialaminya. Karena itu PD Muhammadiyah bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa turun untuk memberikan bantuan khusus. Mengingat kondisi Abdul Munir yang mengalami sakit , tentu langkah pertama adalah penanganan medis. Munir dilarikan ke RS PKU Surya Medika. Untuk penanganan lebih lanjut, Ia berharap Dinas Sosial memberikan perhatian khusus. Selain itu masyarakat juga diharapkan ikut meringankan beban Abdul Munir sehingga dapat menjalani kehidupannya secara normal. “Semoga langkah produktif kita semua ini bisa membantu Pak Abdul Munir, insyaa Allah kami dari keluarga besar Muhammadiyah akan terus memberikan perhatian,” ucapnya.

Baca Juga  Transaksi di Lombok Sumbawa Great Sale 2020 Capai 7,2 Miliar

Sementara itu Ketua PD Muhammadiyah Sumbawa, Ustadz H. Faisal Salim S.Ag menyampaikan apresiasi atas respon cepat dalam menangani kondisi Abdul Munir. Untuk diketahui Muhammadiyah melalui Majelis Kesejahteraan Sosial, LazisMu dan RS Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa memiliki program pemberdayaan dhuafa. “Diperintah maupun tidak, yang jelas apabila ada informasi yang bertanggung jawab, langsung kami respon,” ujarnya.

Ia berharap ke depan ada data muallaf, sehingga bisa ditangani secara berkesinambungan. Sebab muallaf tergolong dalam 8 asnaf yang berhak menerima zakat. “Saya yakin banyak kasus yang harus kita duduk bersama menyelesaikan problem masyarakat,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.