Catat Sejarah, Partisipasi Pemilih di KSB Capai 86,16 Persen

oleh -23 views
Ketua KPU KSB, Denny Saputra, S.Pd

SUMBAWA BARAT, SR (6/5/2019)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa Barat telah tuntas melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Pemilu Legislatif Tahun 2019, Kamis, 2 Mei 2019 dinihari. Meski alot, jajaran KPU merasa puas. Selain prosesnya berjalan aman dan kondusif, juga partisipasi pemilih meningkat signifikan yakni 86,16 persen. Angka partisipasi ini merupakan sejarah dalam pemilihan umum di KSB. “Ini sejarah baru dalam pemilihan di KSB yang mencapai 86,16 persen. Sebelumnya tidak ada yang sampai 80 persen. Ini berkat semua pihak yang terlibat baik dari KPU, Bawaslu, partai politik, pihak kepolisian, TNI dan yang paling penting adalah peran aktif masyarakat yang banyak terlibat langsung dalam mensosialisasikan pemilihan umum serentak,” ungkap Ketua KPU Sumbawa Barat, Deny Saputra.

Proses rekapitulasi perolehan suara di KSB berlangsung non stop sejak Senin 29 April 2019. Tahapan rekapitulasi itu dibuka oleh Sekda H Abdul Aziz mewakili Bupati, dihadiri Kapolres, Dandim 1628/KSB, pimpinan parpol peserta pemilu, tim kampanye daerah pasangan calon presiden dan wakil presiden serta saksi dari masing-masing parpol. Proses tersebut berjalan lancar. Kendati ada masalah yang timbul tapi masih dalam batas kewajaran dan bisa diatasi sesuai dengan aturan yang berlaku. “Alhamdulillah proses rekapitulasi berjalan lancar. Tidak ada dinamika yang perlu dikhawatirkan berlebihan selama proses berlangsung sampai hasilnya ditetapkan sekitar pukul 02.00 Wita, Kamis dinihari,” ungkap Denny kepada SAMAWAREA.

Baca Juga  Jawaban Tes Panwascam di KSB Diduga Bocor, Khaeruddin: Tidak Benar

Denny juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, Parpol dan masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai. “Peran serta semua pihak sangat menentukan sehingga tahapan–tahapan pelaksanaan Pemilu di Sumbawa Barat berjalan lancar dan aman. Kami menyampaikan apresiasi tinggi atas dukungan yang diberikan,” ucapnya.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara yang telah dilaksanakan, pasangan Capres–Cawapres Nomor urut 02, Prabowo Subianto–Sandiaga Uno berhasil mengungguli Pasangan 01, Jokowi–Ma’ruf Amin di Kabupaten Sumbawa Barat. Prabowo–Sandi berhasil meraup sebanyak 49.165 suara atau 62,39 persen dari total 78.806 suara sah. Sedangkan Jokowi–Ma’ruf Amin meraih total sebanyak 29.641 suara atau 37,61 persen. Sementara untuk Pemilu legislatif DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) keluar sebagai pemenang dengan total perolehan suara dari tiga Daerah Pemilihan (Dapil) mencapai 15.132 suara. Dari perolehan suara ini, PDIP dipastikan meraih 5 kursi DPRD KSB, masing-masing 2 kursi di Dapil 1, 2 Kursi di Dapil 2 dan 1 kursi di Dapil 3. PKS di peringkat kedua dengan total perolehan 6.814 suara dan dipastikan meraih 3 kursi DPRD, masing-masing 1 kursi di setiap Dapil. Dari data DB1 DPRD Kabupaten/kota yang ditetapkan KPU KSB, sebanyak 8 partai politik dipastikan mendapat masing-masing dua kursi DPRD. Parpol dimaksud adalah Gerindra, PPP, PAN, PKB, Nasdem, Demokrat, PKPI, dan PBB. Sementara Partai Golkar di Pemilu tahun ini hanya berhasil mempertahankan 1 kursi di DPRD KSB. Total jumlah parpol peraih kursi DPRD KSB sebanyak 11 parpol.

Baca Juga  Zul Rohmi di Antara Jawara Petarung Politik NTB

Terkait partisipasi masyarakat, KPU Sumbawa Barat dapat dikatakan sangat berhasil, karena dalam Pemilu kali ini angka partisipasi masyarakat mencapai 86,16 Persen. Angka partisipasi ini merupakan angka partisipasi tertinggi sepanjang sejarah pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Sumbawa Barat. Tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan KPU Sumbawa Barat adalah rapat pleno terbuka penetapan calon anggota DPRD terpilih. “Pleno penetapan calon terpilih menunggu selesai penetapan hasil rekapitulasi nasional yang diperkirakan pada 29 Mei 2019,” demikian Denny Saputra. (HEN/SR/Adv)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.