Peduli Sumartini, Pemda Sumbawa Berikan Santunan

oleh -10 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DISNAKERTRANS KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (26/4/2019)

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah memberikan santunan kepada Sumartini Binti M Galisung, pekerja migrant Indonesia (PMI) yang lolos dari hukuman pancung di Riyadh, Saudi Arabia. Pemberian santunan ini diberikan Wabup saat menyambut kedatangan Sumartini di ruang kerjanya, Jumat (26/4) pagi. Sumartini tiba di Sumbawa setelah bebas dari hukuman penjara selama 10 tahun ini, didampingi Staf Khusus Gubernur NTB Bidang Ketenagakerjaan, Imalawati Daeng Kombona, keluarga dan Kades Kukin Kecamatan Moyo Utara. Ikut menyaksikan pemberian santunan ini di antaranya Kepala Disnakertrans Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri M.Sc, dan Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Khaeril Anwar S.Sos beserta staf.

Dalam kesempatan itu Wabup mengatakan santunan yang diberikan ini nilainya tidak seberapa namun berharap dapat membantu meringankan beban Sumartini. Wabup juga meminta Sumartini untuk tidak lagi khawatir karena sudah berada di Sumbawa. Demikian dengan keluarga untuk terus mendampingi dan menghibur Sumartini agar rasa trauma akibat pengalaman pahit yang dialami berangsur-angsur membaik.

Wabup pun menekankan kepada jajarannya untuk melakukan pembenahan terhadap prosedur pemberangkatan PMI ke luar negeri. Ini harus dilakukan agar kejadian yang menimpa Sumartini tidak dialami oleh PMI-PMI lainnya. “Kami harap perlindungan PMI ini tidak hanya pada pra dan saat penempatan saja, tapi juga pasca penempatan termasuk bagi PMI yang berakhir masa kontrak. Selain itu memberikan pembengkalan kepada calon TKI sehingga mendapatkan pemahaman yang cukup untuk bekalnya bekerja di luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga  Presiden Ingin Ciliwung Seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea

Sementara Staf Khusus Gubernur NTB Bidang Ketenagakerjaan, Imalawati Daeng Kombona menjelaskan, kepulangan Sumartini di tanah air didampingi perwakilan Kementerian Luar Negeri, dan diserahterimakan ke Disnakertrans Provinsi NTB, Kamis kemarin. Atas perintah Gubernur, Ia diminta untuk mengantar dan menyerahterimakan Sumartini kepada Pemda Sumbawa maupun keluarganya di Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara. “Kami sangat bertanggungjawab atas kepulanganny sampai di rumahnya. Kami juga siap membantu bagi pemulihan psikis Ibu Sumartini,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.