Belajar Langsung di Lapangan, Mahasiswa IISBUD Temui Para Kades

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (11/4/2019)

Mahasiswa semester II dan VI Jurusan Ilmu Pemerintahan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (IISBUD) Samawa Rea (Sarea) melakukan study lapangan terkait pengembangan dan pemberdayaan desa, Kamis (11/4/2019). Study field ini sebagai bentuk implementasi mahasiswa IISBUD SAREA atas ilmu yang diperoleh di dalam kelas dengan melakukan studi lapangan, bertemu dan berdiskusi langsung dengan perangkat desa.

Dalam study lapangan ini, para mahasiswa tersebut didampingi Rektor dan beberapa dosen IISBUD. Saat itu mereka menemui Kepala Desa Penyaring yang didampingi Kepala Desa Pungkit di Kantor Desa Penyaring. Kepada dua kades itu, mahasiswa IISBUD banyak menanyakan tentang manajerial anggaran desa. Sebab Desa Penyaring dapat mengembangkan desanya sebagai salah satu desa maju. Ini dibuktikan dengan menjadikan pusat UMKM di desa tersebut tumbuh pesat, salah satunya Permen Jadi (permen susu kerbau).

Setelah Penyaring, beberapa mahasiswa beranjak ke Desa Poto. Kades Poto sangat antusias menyambut mahasiswa IISBUD yang melakukan studi lapangan. Mahasiswa belajar dan berdiskusi langsung terkait implementasi teori yang mereka dapatkan di kelas dengan praktik di lapangan. Selain melakukan studi lapangan dan kunjungan, Miftahul Arzak selalu Rektor IISBUD juga menginformasikan sekaligus memberikan kesempatan masyarakat desa untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di IISBUD. Yaitu Beasiswa Dadara Boto dan Beasiswa Taruna Late. Beasiswa tersebut adalah Beasiswa Bebas SPP dan DPP untuk para tamatan SMA yang akan lulus tahun ini dan tahun lalu.

Baca Juga  Sumbawa Kekurangan Psikolog, UTS Solusinya

Setelah berkunjung ke Desa Poto dan Desa Penyaring, mahasiswa IISBUD akan bertandang ke sejumlah desa di wilayah bagian timur dan barat Sumbawa. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.