Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak, Bupati dan KPP Pratama Teken Kerjasama

oleh -52 views

SUMBAWA BESAR, SR (4/4/2019)

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa Besar melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa tentang penghimpunan data dan informasi perpajakan serta pelaksanaan konfirmasi status wajib pajak. Kerjasama itu diteken di Aula Kantor Pajak Pratama Sumbawa Besar, Kamis (4/4/2019) yang dihadiri Bupati Sumbawa, Kepala Bapenda Sumbawa yang diwakili Kabid, Kepala Kanwil DJP Nusa Tenggara, Kepala KPP Pratama Sumbawa Besar beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan bahwa kegiatan kerjasama ini menjadi ikhtiar bersama dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya panjangnya pembangunan sekaligus meningkatkan penerimaan negara dan daerah khususnya Kabupaten Sumbawa melalui pajak ini. Adapun penandatanganan kesepakatan bersama ini secara khusus juga menjadi upaya dari Direktorat Jendral Pajak bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan kepatuhan perpajakan wajib pajak. Dengan kerjasama perhimpunan data dan informasi perpajakan serta pelaksanaan konfirmasi status wajib pajak diharapkan potensi pajak dapat terjaring secara maksimal. Terkait kerjasama yang disepakati ini pada dasarnya merupakan peraturan pelaksanaan peraturan Dirjen Pajar Republik Indonesia No. 43/Bj/2015 tentang Tatacara Pemberian Keterangan Status Wajib Pajak. Kegiatan ini dilakukan oleh instansi Pemerintah sebelum memberikan layanan public tertentu untuk memperoleh keterangan status wajib pajak. “Karena itu melalui kesempatan baik ini saya selaku pimpinan daerah Kabupaten Sumbawa menyampaikan apresiasi dukungan dan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh jajaran Kantor Pajak Pratama Sumbawa Besar, insya Allah melalui momentum perjanjian dan kerja sama ini akan mampu mensinergikan penghimpunan data dan informasi perpajakan, mengoptimalkan penerimaan pajak serta mensukseskan pelaksanaan program konfirmasi status wajib pajak,” tandasnya.

Baca Juga  Macmahon Beroperasi di Batu Hijau 1 Januari 2018

Sementara Kepala Kanwil Nusa Tenggara Tri Bowo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Sumbawa yang telah menerbitkan peraturan Bupati nomor I tahun 2019 tentang Pendaftaran NPWP cabang/lokasi bagi wajib pajak yang melaksanakan kegiatan usaha dan/atau pekerjaan di Kabupaten Sumbawa. Terbitnya peraturan Bupati tersebut merupakan langkah luar biasa dalam meningkatkan sinergi antara KPP Pratama Sumbawa Besar dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Tentunya dalam pelaksanaannya tidak boleh cepat berpuas hati hanya dengan terbitnya peraturan Bupati tersebut. Hal ini harus ditindaklanjuti dengan langkah–langkah strategis yang bermuara pada meningkatnya kerja sama antara pihak KPP Pratama Sumbawa Besar dengan pihak Pemerintah Daerah. “Karenanya saya sangat menyambut baik acara pada pagi hari ini berupa penandatanganan perjanjian kerja sama antara pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan KPP Pratama Sumbawa Besar terkait dengan penghimpunan data dan informasi perpajakan serta pelaksanaan konfirmasi status wajib pajak. Saya berharap dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini seluruh potensi pajak yang ada di Kabupaten Sumbawa dapat tergali dengan optimal, yang pada akhirnya akan bermuara pada meningkatnya penerimaan pajak KPP Pratama Sumbawa Besar dan meningkatnya besaran dana bagi hasil pajak yang diterima oleh Kabupaten Sumbawa. (SR/Adv)

 

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.