Mapala Maras UTS Gandeng Brimob Gelar Latihan Gabungan

oleh -93 views

SUMBAWA BESAR, SR (3/4/2019)

Mahasiswa Pecinta Alam Olat Maras (Mapala Maras) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menggelar Latihan Gabungan (Latgab) bersama Kompi II Yon A Satbrimobda Nusa Tenggara Barat (NTB). Latgab ini diikuti seluruh anggota Mapala Maras terutama anggota muda. Mereka berasal dari empat angkatan yang berjumlah 40 orang. Kegiatan ini adalah salah satu cara untuk menyatukan chemistry anggota Mapala Maras melalui kegiatan pelatihan yang tetap dikemas dengan sistem kekeluargaan yang kental.

Biasanya kegiatan rutin tahunan itu dilaksanakan bersama Mapala universitas lain. Namun kali ini Latgab dilakukan bersama Brimob, dalam rangka memperkenalkan Mapala Maras dan UTS sekaligus membangun relasi dengan instansi tersebut dan menambah wawasan mengenai gunung hutan. Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Semangat Persaudaraan, Hasilkan Ilmu yang Bermanfaat” dilaksanakan pada 30-31 Maret 2019 bertempat di Markas Kompi II Yon A Satbrimobda NTB. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu membekali peserta dengan tiga materi lanjutan Search and Rescue (SAR), Survival, dan Navigasi Darat, yang diikuti dengan praktik lapangan. “Kegiatan Latgab kemarin sangat menyenangkan dan bermanfaat, karena di sana mereka mau untuk berbagi ilmu dan pengalamannya, dan itu sangat menarik. Di sana juga kita diajarkan cara baris berbaris yang benar. Adapun tiga materi utama yang diberikan, yaitu SAR, Survival, dan Navdar. Dari Latgab itu kita mendapatkan ilmu tambahan, yaitu Rayap Tambang dan Rappeling yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Dan menurut saya ilmu terpenting yang diajarkan adalah tentang kedisiplinan,” ungkap Ghozi, salah satu Anggota Muda Mapala Maras.

Baca Juga  Tidak Taat Prokes, Acara Ulang Tahun di Ruang Hati Dibubarkan Polisi

Hal ini juga diakui Ketua Pelaksana Latihan Gabungan bahwa Latgab bersama Brimob selama dua hari sangat berkesan dan bermanfaat. Cara penyampaian materinya mudah dimengerti oleh anggota Mapala Maras. Itulah yang membuat kegiatan berlangsung interaktif. “Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar sampai akhir. Saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan serta saudara-saudara yang telah membantu melancarkan kegiatan Latgab ini,” ujar Talitha khoyru Fadiah. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.