50 Mahasiswa UNSA Ikut Pembekalan dan Pelepasan KKN PPM

oleh -67 views

SUMBAWA BESAR, SR (1/4/2019)

Tahun 2019 ini, Universitas Samawa (UNSA) memenangkan sebanyak lima judul hibah pengabdian masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Ristek Dikti. Kelima hibah pengabdian tersebut dua di antaranya merupakan skim hibah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan hibah tersebut sebanyak 50 mahasiswa Universitas Samawa mengikuti pembekalan dan sekaligus pelepasan KKN-PPM yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Samawa, Sabtu 30 Maret 2019 di Aula Rektorat Universitas setempat. Selain mahasiswa KKN, kegiatan tersebut juga dihadiri Dekan, Ketua Program Studi dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Samawa, Rudi Masniadi ME menyampaikan bahwa pada tahun ini salah satu skim pengabdian yang dimenangkan dosen UNSA yaitu KKN-PPM. KKN PPM ini terdiri dari dua judul yaitu KKN-PPM-Optimalisasi HHBK dan Budaya One Man One Tree sebagai Upaya Mengurangi Degradasi dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sekitar Hutan Lindung Batulanteh diketuai Ade Maryam Oklima, M.Si–Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Destinasi Wisata dan Agroindustri Ikan Air Tawar Waduk Batu Bulan Menuju Desa Ekowisata Berbasis Masyarakat (Community Based Ecotourism) di Desa Maman yang diketuainya .

Ia mengatakan sebelum KKN, para dosen ini memberikan pembekalan kepada mahasiswa untuk memaksimalkan programnya di masyarakat. Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen ini juga menjelaskan teknis pembekalan yang dilakukan yaitu dengan membagi dua tim mahasiswa. Masing-masing tim terdiri dari 30 dan 20 mahasiswa. Kedua tim tersebut akan diberikan materi secara spesifik sesuai dengan tema masing-masing tim oleh Ketua Kelompok KKN-PPM maupun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Baca Juga  UTS English Competition, Rektor Chairul: Ajang untuk Membangun Relasi

Rektor Universitas Samawa, Dr. Syafruddin Ismail, SE, MM dalam sambutannya mengaku telah menandatangani kontrak hibah pengabdian masyarakat yang dimenangkan Dosen UNSA di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VIII di Denpasar, 27 Maret lalu. Salah satu item hibah yang tertuang pada kontrak tersebut adalah hibah KKN-PPM. Ia mengapresiasi kinerja seluruh dosen yang setiap tahun selalu memenangkan hibah tersebut. Apalagi tahun ini salah satu hibah pengabdian multiyears juga diperoleh berupa hibah PPDM (Program Pengembangan Desa Mitra) dengan tema Pengembangan Desa Labuhan Bajo sebagai Desa Garam Beryodium Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Garam dan Mengurangi Angka Kejadian Stunting. “Saya tetap berharap seluruh dosen senantiasa meningkatkan capabiltasnya terutama menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Semoga melalui kegiatan KKN-PPM seluruh tim yang akan melalukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lokasi masing-masing agar dapat menjaga nama baik almamater,” pintanya. (SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.