Karena “Sentalo” Dosen UTS Dihadiahi Dana Riset 430 Juta

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/3/2019)

Khotibul Umam, S.Si., M.Sc, berhasil mendapatkan dana riset sebesar Rp 430.670.000 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia tahun 2019. Pasalnya Dosen Program Studi Bioteknologi, Fakultas TeknoBiologi, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ini sukses dengan risetnya saat ini. Umam—akrab dosen low profil ini disapa memiliki tiga proyek riset, Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), dan proyek Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT). Tujuan proyek Umam, untuk menghasilkan produk dari riset-riset yang dilakukan di perguruan tinggi. Saat ini, Umam telah memiliki produk untuk program CPPBT, yaitu sabun kesehatan dan zat cair anti septik. Kedua produk berasal dari tanaman kirinyuh atau dalam Bahasa Sumbawa (sentalo), selanjutnya untuk pengembangan. “Kita punya dua produk saat ini, satu adalah sabun kesehatan, kedua adalah zat cair anti septic,” ujar Umam di ruang kerjanya.

Untuk membantu menyukseskan risetnya, Umam telah membentuk timnya. CPPBT dibentuk layaknya perusahaan, sedangkan PKPT dan KKN-PPM Umam dibantu oleh teman dosennya dan beberapa mahasiswa semester akhir. Jangka waktu Umam untuk merampungkan proyek CPPBT satu tahun, pasalnya proyek tersebut hanya focus di pengembangannya. Umam dan timnya saat ini mengembangkan sabun dan anti septik dari tanaman kirinyuh, sehingga kedepannya akan menjadi masker wajah, dan pasta gigi. Selain itu dia juga berencana hingga ke ranah pangan.

Baca Juga  Rekomendasi Sidang MY Parlemen Siap Jadi Bahan Diskusi DPRD

Menjadi latarbelakang Umam dalam melakukan penelitian dan pengembangan terhadap tumbuhan irinyuh, adalah dis aat mahasiswa menceritakan temannya mengalami luka-luka. Temannya asal Sumbawa menggunakan daun sentalo ini sebagai obat. Umam pun inisiatif untuk segera melakukan penelitian. Sehingga jadilah sebuah produk yang dikembangkan Umam bersama timnya saat ini. Kemudian Umam dinyatakan lulus untuk menerima dana riset pada 25 Februari lalu. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb