Dukung Rumah Bibit, Rumah Zakat Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/3/2019)

Satu lagi kegiatan positif yang dilakukan Rumah Zakat melalui Program Desa Berdaya yang layak diapresiasi. Adalah Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos di lokasi Rumah Bibit Dusun Ganinggara Desa Jorok Kec. Unter Iwes, Jum’at (22/3) kemarin.

DPRD

Fasilitator Program Desa Berdaya, Repi S yang ditemui mengatakan kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan para penerima manfaat (PM) sebagai pengelola Rumah Bibit akan urgensi dari pupuk kompos. Dengan demikian, bibit yang dihasilkan dari Rumah Bibit benar-benar merupakan bibit organik yang terbebas dari unsur-unsur kimiawi. Selain itu, dengan pengetahuan yang cukup akan pupuk kompos, tentu menjadi alternatif dalam mengatasi persoalan pertanian secara umum. Yaitu ketersediaan pupuk yang semakin hari kian terbatas jumlahnya. Sehingga keberadaan pupuk kompos di tengah-tengah masyarakat menjadi solusi terhadap peningkatan produksi hasil-hasil pertanian.

Dalam pelatihan ini lanjut Repi–sapaan karib relawan pemberdaya ini, Rumah Zakat menghadirkan instruktur Kawiuji, S.ST, yang memang diketahui konsen pada pengembangan pupuk kompos. Ia berharap para PM dan beberapa pemuda yang ikut serta dalam pelatihan ini dapat mengambil ilmunya dan bisa mempraktikkan sendiri pembuatan pupuk kompos. Hasilnya selain dapat digunakan untuk kebutuhan sendiri, juga dijual sebagai tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Di tempat yang sama, Mursali (25) salah satu PM peserta pelatihan mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. “Kami sangat senang dengan pelatihan ini karena dapat menambah pengetahuan. Selain itu, pupuk kompos ini memang menjadi kebutuhan kami dalam mengelola Rumah Bibit,” akunya. (SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Bupati Lantik Tiga Pimpinan BAZNAS KSB