Siapkan Rumah Bahasa, LPP Lakukan Visitasi Sekolah dan Seleksi Tutor

oleh -28 views

SUMBAWA BESAR, SR (11/3/2019)

Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan Dinas Dikbud NTB tengah mempersiapkan Launching Rumah Bahasa se-NTB. Untuk persiapannya, dua tim diturunkan ke sejumlah daerah termasuk kabupaten/kota di Pulau Sumbawa, belum lama ini. Tim yang datang ke Pulau Sumbawa sebanyak dua tim. Satu tim bertanggungjawab untuk Sumbawa dan KSB, tim lainnya untuk Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. Tim tersebut terdiri dari Irwan Rahadi, Sri Hastuti N.A.S, Sukma Listari, Imanuella Andilolo, Soni Ariawan dan Aisy Diah Rinjanita. Kedatangan tim ini untuk melakukan visitasi sekolah dan seleksi tutor Rumah Bahasa. Di Kabupaten Sumbawa dan KSB, tim mendatangi SMKN 1 Sumbawa, SMAN 1 Sumbawa dan SMKN 1 Taliwang. Di Kabupaten Dompu, tim mengunjungi SMKN 1 Dompu. Sementara di Kota Bima, tim mendatangi SMKN 1 dan SMAN 1 Kota Bima. Tim melihat fasilitas sekolah, khususnya laboratorium komputer, di samping mengecek fasilitas sekolah, seperti ketersediaan komputer yang akan digunakan untuk placement test peserta Rumah Bahasa.

Salah seorang tim LPP NTB, Sri Hastuti N.A.S mengatakan, tujuan kedatangan untuk mengecek kesiapan sekolah yang akan dijadikan tempat seleksi peserta Rumah Bahasa. Nantinya, peserta akan dites sesuai dengan jenis pilihan kursus bahasa yang diambil, yakni TOEFL dan IELTS. “Kalau untuk kursus TOEFL ada reading, listening dan structure. Kalau untuk IELTS, hanya listening, reading dan writing,” ujar Tuti didampingi anggota tim lainnya.

Baca Juga  Imigrasi Fokus Tingkatkan Pelayanan

Diungkapkan, Rumah Bahasa ini akan dilaunching pada 1 April mendatang. Lama kursusnya akan dibagi menjadi dua, yakni kursus intensif dan semi intensif. Untuk intensif, pelaksanaannya selama tiga bulan, mulai pagi hingga siang hari. Sementara semi intensif selama senam bulan, mulai pukul 16.00 Wita sampai 18.00 Wita. Tes penempatannya akan dilakukan pada tanggal 20 dan 21 Maret mendatang. Pelaksanaannya akan dilakukan secara serentak di NTB. “Program bahasa ini salah satu cara untuk menyukseskan program beasiswa Pemprov NTB. Agar banyak anak NTB sekolah di luar negeri,” ujar wanita ayu ini.

Setelah kunjungan ini selesai, laporan hasil kegiatannya akan disampaikan ke Sekretaris Dinas Dikbud NTB guna persiapan terkait tes penempatannya. (SR)

iklan bapenda