Bupati KSB Janjikan ASN Pendamping Pokmas Hadiah, Uang atau Naik Eselon

oleh -1 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KSB

SUMBAWA BARAT, SR (11/3/2019)

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM memimpin rapat koordinasi dengan ASN Pendamping Kelompok Masyarakat Plus di lobby Gedung Graha Fitrah, Senin pagi. Tercatat sebanyak 193 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pendamping Kelompok Masyarakat (Pokmas) Plus rehabilitasi dan rekonstruksi rumah gempa. Dalam rapat itu Bupati menjanjikan hadiah kepada mereka asalkan mampu menyukseskan lima program Pemerintah KSB. ‘’Kita siapkan hadiah, juara satu 50 juta. Tapi kalau tidak mau uang, jika memungkinkan kita akan naikkan eselonnya, dari eselon IV ke eselon III, dari eselon III ke eselon II,” kata Bupati Musyafirin.

Dijelaskan Bupati, tugas pokok ASN Pendamping adalah mendampingi Agen Gotong Royong, yakni menyusun laporan dan menyemangati warga korban gempa membangun dan memperbaiki rumahnya. Tugas tambahan ASN Pendamping adalah kampanye program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan lima pilar yang ada. Ketiga, penyuluhan penambangan tanpa izin atau bahaya penggunaan mercury. Keempat, mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur dan buah. Kelima, mengidentifikasi atau mendata keluarga miskin. ‘’Dua bulan saja, sampai April, nanti uang operasionalnya ada, endingnya rumah warga di wilayah kerja ASN dipasang stiker, rehab rekon selesai, Tuntas STBM, bebas mercury/PETI, pemanfaatan pekarangan dan pendataan fakir miskin,” jelas Bupati.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, SIK., MH mengatakan, penanganan rumah korban gempa di KSB adalah terbaik di antara tujuh Kabupaten/Kota di NTB. Pertemuan ASN Pendamping seperti ini juga hanya terjadi di KSB. Untuk kelancaran di Lapangan anggota Bhabinkamtibmas siap membantu. “Manfaatkan mereka, jika ada yang kurang maksimal, maka laporkan,” cetusnya.

Baca Juga  Gerakan Irigasi untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi. Eddy Oswaronto, S.T mengatakan, tugas percepatan rehab rekon rumah korban gempa menjadi perintah TNI di pusat. Di KSB, ada tambahan tenaga dari Bataliyon Zeni Tempur Malang. Karenanya, sebagai tuan rumah, ASN Pendamping juga harus lebih semangat. Bersama-sama Agen PDPGR, Babinsa, Bhabinkamtibmas, masyarakat dan Zeni Tempur kompak membangun dan memperbaiki rumah korban gempa.

Hadir dalam rapat tersebut unsur Forkopimda, Asisten ekonomi dan pembangunan, asisten Administrasi umum dan Aparatur dan sejumlah kepala OPD. (HEN/SR)

iklan bapenda