114 Siswa Bersaing di Pra Tes OSN SD Tingkat Kabupaten

oleh -130 Dilihat

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (5/3/2019)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa kembali menggelar Olimpiade SAINS Nasional (OSN). OSN tingkat SD se Kabupaten Sumbawa yang rutin digelar setiap tahun, kali ini dipusatkan di SD Negeri 2 Sumbawa. Event tersebut resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Syahril M.Pd, Senin (4/3).

Dalam arahannya, H Syahril, menyampaikan bahwa investasi Sumber Daya Manusia (SDM) akan terlihat dampaknya dalam kurun waktu 10–20 tahun mendatang. Karena itu, bidang pendidikan menjadi faktor dominan yang akan menentukan arah perubahan ke depan. Olimpiade SAINS Nasional (OSN) menjadi salah satu indikator mutu yang dianut secara nasional pada setiap jenjang pendidikan. Kendati demikian, diharapkan agar kompetisi tahun ini dapat diselenggarakan secara sportif dengan mengedepankan kejujuran, agar diperoleh potret mutu secara orisinil. Kepada para siswa, Kadis Dikbud berpesan, agar mengikuti seleksi ini dengan suasana hati yang menyenangkan dan rileks, karena disadari bahwa apapun kompetisinya harus mengedepankan atmosfir yang menyenangkan untuk anak.

Baca Juga  Mahasiswa UTS Terapkan Teknologi Smart Farming di Kebun Desa Lebin

Sementara itu, Ketua Panitia OSN SD yang juga Kabid Pembinaan SD, Junaidi S.Pd, M.Pd melaporkan bahwa seleksi yang dilaksanakan ini adalah pra tes yang memilih 30 siswa untuk masing masing mata pelajaran IPA dan Matematika, yang akan diikutsertakan dalam seleksi tingkat Kabupaten Sumbawa, tanggal 18 Maret 2019 mendatang. Peserta prates yang ikut saat ini berjumlah 72 orang tiap mata pelajaran, terdiri dari perwakilan 24 kecamatan dengan kuota masing masing kecamatan 3 orang per mata pelajaran. Jika ditotal seluruh peserta berjumlah 144 siswa. Di samping untuk kepentingan seleksi siswa kata Jun, sapaan akrabnya, OSN kali ini juga dihajatkan untuk pemetaan mutu sebaran prestasi OSN di Kabupaten Sumbawa, yang nantinya akan dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam pembinaan selanjutnya. (SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *