Madrasah Tsanawiyah 4 Sumbawa Kini Berstatus Negeri

oleh -39 views
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, H Ahmad Taufiq, S.Ag

SUMBAWA BESAR, SR (22/2/2019)

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri di Kabupaten Sumbawa, bertambah. Hal ini menyusul terbitnya SK Kementerian Agama (Kemenag) RI terhadap MTs Negeri 4 Sumbawa yang berlokasi di Desa Sejari Kecamatan Plampang. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, H Ahmad Taufik, S.Ag yang ditemui belum lama ini menyebutkan dengan bertambahnya penegerian MTs, berarti sudah ada 4 madrasah tsanawiyah di Sumbawa yang berstatus negeri. Sejauh ini aktivitas kegiatan belajar mengajar di MTsN 4 masih menumpang di MTs Negeri 3 Sumbawa yang berada di Kecamatan Empang. Sebenarnya siswa, lahan dan gedung sudah tersedia, hanya tinggal ditempati. Namun yang belum ada personil dan pengukuhan kepala madrasahnya. “Calon kepala madrasahnya sudah kami usulkan ke Kanwil Kemenag NTB,” ungkap Dea Guru Taufik, sapaan akrabnya, seraya enggan menyebutkan berapa calon yang diusulkan.

Namun yang pasti calon yang diusulkan ini sudah memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya pernah mengikuti seleksi Calon Kepala Madrasah (Cakep), sudah bersertifikasi dan minimal pangkatnya golongan III C. “Kami ingin pengukuhan kepala madrasah ini cepat dilakukan. Tapi semua ini tergantung SK dari Kanwil Kemenag NTB,” imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan Dea Guru Taufik, sebenarnya banyak MTs swasta yang berpotensi untuk dinegerikan. Seperti MTs Abu Bakar, MTs Al Mutmainnah dan MTs Darul Muttaqin. Demikian juga Madrasah Aliyahnya. Namun kendalanya, sebagian besar madrasah berada di bawah naungan yayasan. Kemenag Sumbawa sendiri tetap membuka pintu selebar-lebarnya jika ada madrasah yang ingin mengusulkan penegerian. Tentunya sepanjang memenuhi persyaratan, yakni memiliki lahan, bangunan dan sertifikat yang dihibahkan ke Kemenag. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Kasus Baru Covid di NTB Kembali Melonjak, Didominasi Klaster Gowa