Dana Aspirasi 33,6 Milyar Diduga Raib, DPRD Sumbawa Temui Bupati

oleh -84 views

Sempat Meradang Akhirnya Tersenyum

SAMAWAREA PARLEMENTRIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (22/2/2019)

Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa sempat meradang. Konon kemarahan wakil rakyat ini karena dana aspirasi mereka ‘raib’ sekitar 33,6 milyar dari total sekitar Rp 80 milyar. Sikap ini cukup beralasan, sebab sebagian dari mereka adalah calon incumbent yang kembali bertarung pada Pemilu Legislatif 2019. Mereka ingin agar dana Rp 33,6 Milyar yang diperuntukkan bagi masyarakat selaku konstituennya dapat segera dicairkan. Jika tidak dicairkan, maka janji-janji mereka yang terlanjur diumbar kepada masyarakat saat menggelar reses, tidak dapat ditepati. Para anggota DPRD ini sempat menggelar pertemuan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Namun tidak membuahkan hasil, dan sempat ricuh. Informasi yang diperoleh SAMAWAREA, kericuhan itu muncul karena banyak proposal yang diterima dinas instansi yang diusulkan melalui anggota DPRD, tidak direalisasikan. Pasalnya dari hasil identifikasi, banyak proposal itu tak sesuai fakta lapangan. Untuk menyelesaikan persoalan ini, Jumat (22/2) seluruh pimpinan DPRD beserta ketua fraksi menggelar pertemuan di Ruang Kerja Bupati Sumbawa. Hadir dari eksekutif di antaranya Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, B.Sc, Kepala BPKAD Wirawan Ahmad dan jajaran TAPD. Saat keluar ruangan, pimpinan dan anggota DPRD terlihat senyum bahagia. Sepertinya sudah ada kompromi dalam menyelesaikan persoalan itu.

Dicegat usai pertemuan, Ketua DPRD H. Lalu Budi Suryata SP mengatakan bahwa terjadi miss komunikasi antara eksekutif dan legislatif terkait dana aspirasi sebesar Rp 33,6 milyar yang disinyalir ‘raib’. Setelah dikomunikasikan ternyata tidak ada persoalan, semua sudah terkafer dalam APBD. Ia membantah adanya informasi banyak proposal fiktif yang diajukan anggota DPRD. Masalahnya hanya ada proposal yang terkirim ke masing-masing ini tidak terkafer, karena persoalan persyaratan. Namun demikian, persyaratan itu sudah disempurnakan. “Klir, tidak ada masalah juga tidak ada proposal fiktif, semuanya sudah on schedule, hanya tinggal koordinasi tentang kepastian realisasinya,” tandasnya.

Baca Juga  ASPATAKI Sumbawa Terbentuk Dorong Kualitas Pelayanan TKI

Ditemui terpisah, Kepala BPKAD Sumbawa, Wirawan Ahmad S.Si MT mengatakan bahwa Bupati didampingi TAPD dan pimpinan DPRD serta ketua-ketua Fraksi berkomitmen agar program-program pemeintah yang diaspirasikan melalui reses DPRD akan tetap dianggarkan tahun 2019. “Intinya ditargetkan semua anggaran termasuk dana aspirasi teranggarkan dan dilaksanakan pada tahun 2019 ini,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb