Roadshow MY Parlemen, Menarik Minat Kawula Muda

oleh -14 views

SUMBAWA BESAR, SR (20/1/2019)

Forum kepemudaan MY Parlemen yang diinisiasi Komunitas Pijar dan My Institute pekan kemarin telah melakukan roadshow di 4 wilayah Kabupaten Sumbawa dan siaran di Radio Senda Samawa (Rasesa). Roadshow tersebut merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan MY Parlemen selama sebulan ke depan. Maksud dan tujuan dilaksanakan roadshow dipaparkan oleh Miftahul Arzak selaku inisiator MY Parlemen, adalah mengharapkan para pelajar dan masyarakat berusia 16-22 tahun di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa dan yang telah dikunjungi dapat mengetahui secara detail proses kegiatan ini, serta tertarik untuk mengikutinya.

DPRD

Roadshow pertama dilaksanakan di wilayah Sumbawa kota meliputi Kecamatan Sumbawa, Batu Lanteh, Unter Iwes, Lape, Lopok, Labuhan Badas, Moyo Utara, dan Moyo Hilir. Lokasi roadshow bertempat di Balai Desa Kerato dimulai pukul 09.00 hingga 10.30 WITA. Saat itu Zakaria selaku Staf Desa Kerato mewakili Kadesnya membuka secara resmi pertemuan itu. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Miftahul Arzak selaku Direktur MY Institute dan Inisiator MY Parlemen. Materi yang disampaikan dalam roadshow mengenai latar belakang, tujuan, hingga alur kegiatan MY Parlemen itu sendiri. Sesi terakhir adalah tanya jawab peserta dengan jumlah penanya 8 orang. Pertanyaan yang diajukan terkait gambaran MY Parlemen secara umum dan detail. Antusiasme peserta roadshow di hari pertama ini cukup diacungi jempol dengan melihat tingkat kehadiran yang melebihi target dari 100. Seluruh peserta yang hadir mewakili sedikitnya 3 orang setiap kecamatan di wilayah Sumbawa kota.

Baca Juga  STQ Kabupaten Sumbawa Dimulai, Kontingen Gelar Pawai Ta’aruf

Hari berikutnya, roadshow dilanjutkan di wilayah Sumbawa bagian selatan yang meliputi Kecamatan Moyo Hulu, Lantung, Ropang, Orong Telu, Lenangguar, dan Lunyuk. Roadshow kedua ini dimulai dari jam 09.15-10.25 WITA berlokasi di Balai Desa Sebasang. Cuaca hujan dan beberapa lokasi peserta yang jauh menjadi kendala roadshow kedua ini. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan roadshow ini tetap terlaksana meski terjadi sedikit keterlambatan dari jadwal. Rangkaian acara diawali dengan sambutan pembukaan Kepala Desa Sebasang, Khairudin. Roadshow kedua ini masih minim tingkat kehadiran jika dibandingkan roadshow pertama. Dari 14 undangan yang tersebar untuk perwakilan masing-masing 5 orang dari sekolah dan komunitas di wilayah tersebut dengan total 6 kecamatan hanya 26 orang yang dihadirkan mewakili kecamatan Moyo Hulu, Orong Telu, dan Lantung.

Esoknya Roadshow pun dilanjutkan di SMKN 1 Plampang. Roadshow ketiga ini untuk wilayah Sumbawa bagian timur yang meliputi Kecamatan Plampang, Maronge, Labangka, Empang, dan Tarano. “Kami sangat menyambut positif kegiatan ini,” Kata Kepala SMKN 1 Plampang, Drs. H. Andi Fausih AR.

Dua hari berikutnya, tepatnya pada hari Sabtu, 19 Januari 2019 roadshow terakhir dilaksanakan di wilayah Sumbawa bagian barat yang meliputi Kecamatan Buer, Utan, Rhee, Alas, dan Alas Barat. Tuan rumah dalam roadshow terakhir ini adalah SMAN 1 Utan. Roadshow dimulai pada jam 09.24-11.30 WITA dengan sambutan pembukaan oleh Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Utan, Drs. Mukhdar yang mengaku bahagia karena sekolahnya terpilih sebagai tuan rumah. (SR)

DPRD DPRD