Pusat Dukung Sumbawa Kembangkan Jagung Berbasis Korporasi

oleh -39 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/01/2019)

Selain berhasil menjadikan Sumbawa sebagai basis benih bawang merah Indonesia bagian timur, Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa juga mampu meyakinkan Kementerian Pertanian untuk pengembangan jagung berbasis korporasi. Hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap para petani jagung yang selama ini hanya menjual jagung dalam bentuk pipilan kering. Dengan pengembangan jagung berbasis korporasi ini, ada tindaklanjut prosesing atau pengolahan biji jagung sehingga menghasilkan nilai tambah secara ekonomi bagi petani. Tentunya dengan program tersebut petani Sumbawa kian sejahtera. “Melalui program ini betul-betul berlandaskan bisnis. Yang muaranya nanti untuk peningkatan kesejahteraan petani terutama petani jagung,” kata Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, Tarunawan SP yang ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

DPRD
Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, Tarunawan SP

Tarunawan mengaku sudah mengajukan proposal dan mendapat respon positif. Kementerian terkait akan membantu sarana prasarana termasuk sumur, alsintan, dan permodalan. Arahnya nanti pembangunan pabrik pengolahan. “Nilai bantuannya puluhan miliar, insyaa Allah akan terealisasi dalam tahun ini,” ungkapnya.

Jika program pengembangan jagung berbasis korporasi ini terealisasi, sambung Tarunawan, petani mendapatkan kesuksesan ganda. Baik sukses budidaya maupun proses pengolahan dan pemasaran. “Ini peluang bisnis untuk peningkatan pendapatan. Selama ini petani kita menjual pipilan kering Rp 3.000—3.300 perkilogram. Kalau ini jadi, ada peluang petani untuk mengolah hasil sehingga adanya penambahan pendapatan dan membuka lapangan pekerjaan. Intinya kita tidak semata-mata menggantungkan diri untuk penjualan pipilan, kita bisa stok dan olah. Semua akan terintegrasi, dalam satu kegiatan banyak hal yang kita lakukan. Sekarang kita bina kelompok tani, memberikan bantuan fasilitas. Mana yang kurang kita tambah agar nantinya benar-benar siap dan langsung ready,” tandasnya. (JEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Sajian “Amazing Batualang Village” Buai Peserta Sail Indonesia 2017