Akhirnya Dana BOS TW IV Cair

oleh -1 views
Kasubag Tugas Perbantuan, M Husnul Alwan, S.Ag

SUMBAWA BESAR, SR (21/12/2018)

Akhirnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan (TW) IV, cair. Dana pusat itu telah ditransfer oleh Bendahara Provinsi ke sekolah penerima sejak seminggu lalu, dan kini sudah dapat dicairkan. “Alhamdulillah, dana BOS TW IV yang sudah lama ditunggu akhirnya cair juga,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui Kasubag Urusan Perbantuan, Mohammad Husnul Alwan S.Ag.

Untuk TW IV ini, dana yang dicairkan sebesar 20% dari total dana yang diterima untuk tahun 2018. Bagi SD negeri ada 44.880 siswa penerima dengan jumlah dana Rp 7,1 Miliar, SD swasta 1.516 siswa senilai Rp 242,5 juta. Sementara jenjang SMP negeri, siswa penerimanya 18.104 dengan jumlah dana Rp 3,6 Miliar, dan SMP swasta 1.163 siswa hanya Rp 232,6 juta. “Nominal yang diterima masih sama. SD Rp 800.000 persiswa pertahun. Kalau SMP nya 1 juta,” sebut Alwan.

Sebelum dicairkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah penerima. Antara lain melampirkan penggunaan dana BOS TW III, mengisi format K3 sampai K7A, mencantumkan kwitansi TW IV serta mengisi format B09 tentang rincian biaya modal.

Disinggung lambatnya pencairan dana BOS TW IV ini, Alwan mengaku tidak mengetahuinya secara pasti. Yang pasti pada pencairan BOS TW IV ini juga akan dicairkan kekurangan transfer ke sekolah penerima. Kekurangan ini karena ada perubahan jumlah siswa terkait penerimaan siswa baru. Selain itu, sekolah penerima juga agak terlambat mengup-date Dapodik jumlah siswanya. Terkait hal itu, Dinas Dikbud Sumbawa telah mengirimkan Naskah Perjanjian Hibah (NPH) yang sebelumnya telah dilengkapi, agar kekurangan pembayaran TW IV nanti dapat dibayarkan sesuai jumlah siswa berdasarkan laporan Dapodik sekolah.

Baca Juga  Amerika Imajinasiku

Sementara untuk SD Negeri siswa yang kurang 3.098 orang dengan jumlah uang Rp 495,6 juta, SD Swasta 308 siswa dengan jumlah uang Rp 49,2 juta, SMP Negeri, 391 siswa dengan jumlah uang Rp 78,2 juta dan SMP Swasta, 327 siswa dengan jumlah uang Rp 65,4 juta. “Untuk kekurangan ini, sepertinya akhir Desember baru bisa dicairkan,” imbuhnya. (SR)

DPRD DPRD