Protes Lahannya Digarap, Pemilik Blok 3 Batu Tering Datangi Bupati

oleh -4 views
Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc

SUMBAWA BESAR, SR (19/12/2018)

Puluhan massa terutama pemilik lahan di Blok 3 Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu mendatangi Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (19/12). Mereka datang meminta Bupati Sumbawa turun tangan menyelesaikan persoalan lahan di Blok 3 Batu Tering tersebut yang saat ini digarap oleh sekelompok orang dari wilayah lain dan tidak berhak atas tanah hasil kompensasi Bendungan Batu Bulan (BBB) itu. Massa bisa saja mengusir paksa sekelompok kecil penggarap itu. Namun jika itu dilakukan maka akan terjadi konflik dan pastinya akan jatuh korban. Kehadiran massa ini disambut hangat Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc. Didampingi Kabag Pertanahan Setda Sumbawa, Abdul Haris, Bupati menerima massa di Aula Lantai I Kantor Bupati Sumbawa.

Perwakilan Blok 3 Batu Tering, Sukiman yang ditemui SAMAWAREA usai pertemuan, mengatakan, sebenarnya Blok Batu Tering tidak pernah bermasalah sejak kompensasi Bendungan Batu Bulan Tahun 1999—2001 dan diperkuat dengan adanya SK 322. Selama ini lahan seluas 80 hektar tersebut tetap tergarap. Bahkan Tahun 2010 diterbitkan ijin oleh Bupati Sumbawa (saat itu) Drs. H. Jamaluddin Malik baik untuk penggarapan maupun pengalihan kepemilikan (jual beli). Namun tanpa diduga Tahun 2017 muncul segelintir orang dari luar Batu Tering masuk ke lahan mengklaim dan menggarap. Tentu saja pemilik lahan keberatan. Untuk menghindari terjadinya bentrok fisik, Kapolres dan Sekda Sumbawa turun tangan. Kedua belah pihak dipertemukan di Polres Sumbawa. Dalam pertemuan itu diputuskan lahan yang digarap tersebut disterilkan. Sekelompok penggarap ini akan menyerahkan lahan itu kepada pemiliknya. Tapi mereka meminta agar dapat diberikan kesempatan mengingat tanaman jagung di lahan dimaksud siap panen. Pemilik lahan pun mengizinkannya. Kenyataannya saat ini, sekelompok penggarap itu masih bertahan di lahan Blok 3 Batu Tering ini, bahkan mereka kembali menanam jagung. Lahan yang ada sudah dibersihkan. “Inilah yang membuat kami datang menemui Bupati untuk menghindari terjadinya konflik horizontal. Kami ingin menyelesaikan masalah ini dengan mengedepankan musyawarah mufakat demi kondusifitas. Alhamdulillah dari pertemuan dengan Bupati ini ada titik terang,” ujarnya.

Baca Juga  Seminggu Lagi Tersangka Rumah Adat KSB Ditangkap

Ditemui terpisah, Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc menyatakan bahwa sikap pemerintah daerah terhadap persoalan itu pasti berkeadilan, tidak ada pihak yang dibela atau ditolak. Semua akan dimusyawarahkan. “Kami fasilitasi kedua belah pihak. Nanti dari musyawarah mufakat akan muncul datu kesimpulan. Kesimpulan ini tentunya kemauan kedua belah pihak. Insyaa Allah akan selesai dengan happy ending,” kata Bupati.

Lahan Blok 3 Batu Tering ini kata Bupati, akan dikembalikan ke asalnya. SK Bupati yang menjadi dasar bagi masyarakat menguasai lahan itu akan disempurnakan. “Target kita masalah ini akan kita selesaikan secepatnya,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.