Dikbud NTB Bangun 2 SLB Setiap Tahun, Satu di Sumbawa

oleh -22 views

MATARAM, SR (19/12/2018)

Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mulai berupaya meningkatkan kualitas pendidikan inklusi bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. “Pemprov tidak mau kalah dengan Pemda Loteng yang sudah duluan memberi dukungan untuk peningkatan pendidikan inklusi melalui SETARA sebagai program rintisan bekerjasama dengan INOVASI,” kata Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB, H Muh. Suruji saat Temu INOVASI NTB kepada SAMAWAREA, Selasa (18/12).

Salah satu upaya itu adalah meningkatkan kualitas Sekolah Luar Biasa (SLB) di NTB. Menurutnya, pembangunan fasilitas baru, asrama dan ruang kelas baru akan dilakukan. Suruji menyebutkan dari APBD NTB akan dibangun 2 SLB negeri setiap tahunnya, satu jatah di Pulau Lombok dan satu lagi Pulau Sumbawa. Selain APBD, pusat juga mengalokasikan anggaran APBN bagi peningkatan SLB. Rencananya Tahun 2019 mendatang akan dibangun di Sakra. Lokasinya sudah disurvey. “Kami sediakan anggaran secukupnya, sekarang kami masih belum mulai menyusun rincian karena tahapan penyusunan APBD 2019 itu setelah selesai di DPRD kemudian dikirimkan ke Kemendagri, setelah evaluasi dari Kemendagri turun barulah kami diminta untuk menyusun rincian anggarannya,” jelas Suruji.

Dalam 5 tahun kedepan, Pemprov akan bangun 2 SLB setiap tahunnya. Kendala dalam pembangunan SLB selama ini adalah lahan. Kemudian Suruji menginformasikan bahwa dalam waktu dekat SLB Darma Wanita akan dinegerikan menjadi SLBN 2 Mataram. “Kalau ada SLB swasta yang meminta untuk dinegerikan maka kami akan mempertimbangkan untuk penegerian, ini demi meningkatkan kualitas pendidikan inklusi kita,” jelasnya. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Guncang Lombok Tengah, TGB Kampanyekan Zul-Rohmi