Ayo Putra-Putri NTB, Pendaftaran Beasiswa S2 ke Eropa Telah Dibuka

oleh -55 views

MATARAM, SR (15/12/2018)

Tidak ada kata istirahat. Selepas dari Eropa, Tim Beasiswa NTB dan sejumlah perguruan tinggi di Bumi Gora ini langsung berkemas menindaklanjuti hasil pertemuan dan kerjasamanya dengan 10 perguruan tinggi (PT) di Polandia dan Republik Ceko. Saat ini PT di NTB mulai menyiapkan alumninya untuk dikirim menempuh jenjang pendidikan S2 di negara tersebut. Sedangkan Tim Beasiswa NTB sudah membuka pendaftaran dan mulai melakukan seleksi.

Tim Beasiswa NTB, Imanuella Romaputri Andilolo yang dihubungi, Sabtu (15/12) menjelaskan bahwa untuk beasiswa ke Polandia sudah dibuka untuk badge 2. Pendaftaran untuk intake Februari juga sudah dilaunching dalam Internasional Education and Scholarship Expo (IESE) di Mataram, Sabtu (15/12) pagi tadi. “Ini untuk pengiriman di Polandia. Seperti Collegium Civitas, Vistula University dan Warsawa University of Technology,” kata Ima—sapaan singkatnya.

Mengingat waktunya sudah mepet, sambutnya, dalam badge 2 ini ditargetkan pengiriman 50 mahasiswa ke Polandia. Sedangkan untuk pengiriman mahasiswa ke Republik Ceko, masih tahap penjajakan. Pengiriman mahasiswa ini akan dilakukan pada September 2019 mendatang. Saat ini, pihaknya masih dalam negosiasi dengan Metropolitan University of Prague (MUP) dan Czech University of Life Science. Tidak hanya ke Republik Ceko, mahasiswa juga bakal dikirimkan ke Polandia September mendatang. Targetnya 50–100 mahasiswa.

Mengenai persiapan, Ima mengaku bahwa Tim Beasiswa NTB tengah menyeleksi berkas calon penerima beasiswa. Setelah itu akan dicek kemampuan bahasanya lalu wawancara. Selain itu calon penerima juga mengikuti seleksi essay. Pihaknya juga melibatkan psikolog untuk melihat kondisi mental calon penerima beasiswa. “Mental itu sangat penting, jadi harus disiapkan betul,” tandasnya.

Baca Juga  Polandia Jadikan NTB Daerah Prioritas Penerima Beasiswa

Menyikapi hal itu, Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi, Khirjan Nahdi mengatakan, sekembali dari Eropa, pihaknya langsung menyiapkan para alumninya agar dapat mengikuti seleksi beasiswa luar negeri. Untuk persiapan ini, kampus akan menghubungi ikatan alumni. Selain itu persyaratan lainnya akan dimatangkan, termasuk kemampuan berbahasa Inggris. Dan tingkatan Bahasa Inggris di Eropa adalah B2 atau setara dengan IELTS 6,5. Tidak hanya itu calon penerima beasiswa akan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) sesuai bidang yang dilamar.

Mengenai jurusan program S2 di Eropa, Khirjan yang terlibat dalam penandatanganan MoU dengan sejumlah PT di Polandia dan Ceko, menyebutkan cukup banyak. Di antaranya Civil Engineering, Environmental Protection dan Accounting Management. “Kami harapkan melalui seleksi nanti kami mendapatkan calon mahasiswa terbaik. Yang betul-betul siap untuk membantu pemerintah dalam pembangunan  berbagai bidang yang diprioritaskan,” tandasnya.

Persiapan yang sama juga dilakukan Rektor Universitas Mahasaraswati, Ida Bagus Eka Artika. Menindaklanjuti kerjasama dengan PT di Eropa, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan para pimpinan fakultas. Ia tidak ingin peluang tersebut sia-sia harus disikapi secara cepat dan kongkrit. Mengenai jumlah alumni yang akan dipersiapkan mendapat beasiswa pendidikan ke Eropa, Bli Eka—sapaan akrabnya, menyebutkan hanya 5 orang. Mereka nantinya akan diarahkan ke jurusan Economy Management dan jurusan Pertanian di Vistula University. “Kami akan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi penerima beasiswa tapi juga kampus yang mengirimnya. Semua ini demi peningkatan kualitas,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.