Pendapatan Sewa Lahan Pertanian Melebihi Target

oleh -29 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (11/12/2018)

Setiap tahunnya pemerintah daerah menyewakan lahan pertanian untuk digarap masyarakat. Tahun ini pemerintah KSB menargetkan pendapatan dari sewa lahan Rp 150 juta dan realisasinya sudah melebihi target yang ditentukan.
Ditemui SAMAWAREA belum lama ini Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD), M. Yusuf S.IP mengakui pendapatan sewa lahan tahun ini ditargetkan 150 juta dan sampai saat ini realisasinya sudah melebihi target yang ditentukan. “Ya setiap tahun kita selalu menyewakan lahan kepada masyarakat dengan target pertahunnya 150 juta. Alhamdulillah progres saat ini sudah lebih dari target, jumlah pastinya kami sedang menghitung yang jelas sudah lebih dari target,” ungkap Yusuf.

Untuk penyewaan lahan kepada masyarakat ada dua klasifikasi. Pertama untuk lahan basah seperti persawahan per hektarnya disewakan sebanyak Rp 4 juta per tahun sedangkan untuk lahan kering disewakan Rp 2.750.000 per hektarnya, dengan jumlah lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian seluas 193.320 hektar. Tapi tidak semua lahan dapat disewa masyarakat karena ada sisa lahan yang dibangun jalan, bangunan, dan ada juga lahan yang tidak menarik untuk disewa masyarakat karena perhitungan untung rugi. Untuk batas waktu penyewaan lahan ini selama setahun. Penggarap lahan setiap tahunnya harus mengajukan permohonan kepada Bupati. Apabila tidak mengajukan permohonan maka penggarap awal dianggap gugur. Selain itu perpanjangan izin sewa dilihat dari track record penggarap. Demikian dengan penggarap baru. “Ya memutuskan bupati setelah kita mengkaji terlebih dahulu. Langkah ini kita lakukan untuk memastikan siapapun yang menggarap lahan tersebut bertanggung jawab terhadap kewajibannya dan yang paling penting lahan tetap terjaga,” imbuhnya. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Karya Tangan Anak Sumbawa Ramaikan Pameran Festival Moyo