SMAN 4 Sumbawa Wakili Kabupaten Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Provinsi

oleh -114 Dilihat

MATARAM, SR (23/11/2018)

SMA Negeri 4 Sumbawa Besar mewakili Kabupaten Sumbawa mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Provinsi NTB, Jumat, 23 November 2018. Tim yang digawangi tiga orang siswi yakni Adriana Nurmuharima, Eka Setyawati dan Uswatun Hasanah ini akan berkompetisi dengan puluhan siswa lainnya dari 11 sekolah di Provinsi NTB. Saat berlomba, tim SMAN 4 Sumbawa ini didampingi Guru Pembina, Kurniati Ningsih S.Pd. Untuk lomba tahun 2018 ini dipusatkan di Aula SMAN 5 Mataram sekaligus bertindak sebagai tuan rumah.

Untuk diketahui, Olimpiade Bahasa Jerman merupakan agenda rutin tahunan MGMP Bahasa Jerman sejak tahun 2008, dan kini kembali digelar. Olimpiade Bahasa Jerman ini sudah pada tahap babak seleksi Tingkat Provinsi yang diikuti oleh 54 siswa dari 11 sekolah di Provinsi NTB. Acara yang rutin diadakan tiap tahun juga dihadiri oleh guru-guru Bahasa Jerman yang juga pendamping peserta. Dari 2 pemenang terbaik pada seleksi tingkat provinsi ini selanjutnya akan dikirim mengikuti tahap selanjutnya yaitu seleksi nasional di Jakarta, Januari 2019 mendatang. Pada tahapan seleksi nasional di Jakarta peserta dari masing-masing provinsi akan bersaing dari seluruh peserta se-Indonesia. Enam pemenang terbaik pada seleksi nasional akan mendapatkan hadiah Tiket Perjalanan ke Jerman. Selama di Jerman keenam pemenang akan diajak jalan-jalan ke beberapa kota di Jerman untuk diperkenalkan tentang seni dan budaya Jerman. Namun, untuk mendapatkan tiket ke Jerman, semua peserta olimpiade Bahasa Jerman harus memperoleh skor tertinggi dalam Ujian Bahasa Jerman Standar internasional level kebahasaan A2. Soal ujian dibuat oleh Goethe Insttitut, lembaga resmi pusat kebudayaan Jerman di Jakarta. Materi ujian berupa mendengarkan, membaca, dan menulis serta diuji oleh  penguji independence ‘Novy German Course’.

Kurniati Ningsih S.Pd selaku Guru Pembina Tim SMAN 4 Sumbawa kepada SAMAWAREA, Jumat (23/11) berharap siswi binaannya ini mendapat nilai yang baik, memuaskan dan wawasannya semakin terbuka tentang Bahasa Jerman. (JEN/SR)