Ada Internet Belum Menjamin SMPN 2 Unter Iwis UNBK Mandiri

oleh -20 views
Kepala SMPN 2 Unter Iwis, Abdul Azis S.Pd

SUMBAWA BESAR, SR (22/11/2018)

SMP Negeri 2 Unter Iwes Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu sekolah yang mendapat bantuan Universal Satelite Obligation (USO) dari Pusat Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Bantuan berupa satelit khusus ini diberikan bagi sekolah yang belum terjangkau atau terlayani internet. Bantuan ini dimaksudkan agar sekolah tersebut dapat melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). USO ini bukan hanya bisa dipakai untuk UNBK tapi juga untuk proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Meski mendapat bantuan ini, namun SMPN 2 Unter Iwis ini belum menjamin dapat melaksanakan UNBK secara mandiri. Ini diakui Kepala Sekolah setempat, Drs. Abdul Azis saat ditemui belum lama ini.

Kemungkinan tersebut ungkap Azis, karena fasilitas internet masih belum lengkap. Fasilitas dimaksud adalah server dan laptop. Jika ini tidak dilengkapi, sekolahnya kembali menumpang di SMK Negeri 2 Sumbawa sebagaimana yang sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir ini. “Memang sekolah kami tahun ini dapat bantuan USO, tapi belum menjamin bisa melaksanakan UNBK secara mandiri,” ujarnya.

Untuk melaksanakan UNBK, ungkap Azis, sekolahnya membutuhkan dua unit server. Selain itu membutuhkan minimal 20 unit laptop yang digunakan oleh 45 siswa kelas IX yang tahun ini menjadi peserta ujian nasional. Sementara laptop yang tersedia hanya dua unit. Guna memenuhi fasilitas pendukung tersebut, pihaknya telah mengkomunikasikannya dengan para guru, dan komite sekolah. Bantuan dari pihak ketiga juga tetap diupayakan. “Kami tetap berikhtiar. Jika tahun ini belum bisa dilengkapi, terpaksa kami kembali menumpang untuk melaksanakan UNBK,” demikian Azis. (SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Siswa SMAN 1 Sumbawa Juara 1 Nasional Bidang Matematika Sains dan Teknologi