Penderita Penyakit Tidak Menular Dominasi Kunjungan Di RSUD Asy Syifa

oleh -0 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPARTEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (16/11/2018)

Meningkatnya jumlah kunjungan pasien pertahun yang menembus angka 20.000 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa Sumbawa Barat pada tahun 2018, didominasi pasien penderita penyakit tidak menular. “Trend penyakit tidak menular untuk tahun 2018 mengalami peningkatan. Di antaranya penyakit Diabetes, Rematik, Hipertensi, Osteoporosis, Depresi, gagal ginjal, hingga penyakit kanker,” ungkap Direktur RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat, dr. Carlof Sitompul di ruang kerjanya (15/11) kemarin.

Jumlahnya semakin meningkat, lanjut dr. Carlof, maksudnya jenis penyakit tersebut selalu masuk dalam daftar list 10 penderita penyakit terbanyak di rumah sakit. Jumlahnya cukup signifikan jika dibandingkan dengan penyakit menular, seperti TBC atau tuberculosis, dan penyakit infeksi paru paru. “Jumlah pastinya belum terupdate di bulan ini, namun trend atau jumlah kasus penyakit tidak menular terus meningkat. Meski jumlahnya terus meningkat, namun penyelesaian kasusnya banyak diselesaikan di RSUD Asy Syifa, kecuali kanker ganas yang dimana langsung kita rujuk ke rumah sakit tipe B,” imbuhnya.

Seiring dengan bertambahnya layanan di RSUD Asy Syifa, ke depan diprediksi jumlah kunjungan akan terus meningkat. Karenanya, kesiapan tenaga medis dan penambahan peralatan medis tetap dikedepankan. “Kita harus selalu memaksimalkan untuk memberikan pelayanan prima kepada setiap pasien,” tutupnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  DPKH NTB Bentuk Tim Pemeriksaan Hewan Qurban