Peternak Resah, Dua Ekor Sapi di Labangka Mati Diracun

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (07/11/2018)

Para pemilik ternak terutama di Kecamatan Labangka, resah. Pasalnya sejumlah sapinya ditemukan mati mendadak. Seperti yang terjadi di wilayah Labangka 4, dua ekor sapi betina milik warga setempat mati. Amaq Nuh–pemilik sapi sangat terkejut melihat ternak jinaknya mati di Jembatan Kuning Desa Labagka 4. Awalnya diduga sapi itu terserang Antrax. Peristiwa itu langsung dikoordinasikan dengan dokter hewan. Setelah dicek ternyata sapinya keracunan. Saat itu juga pemilik ternak langsung lapor polisi di Polsek Labangka.

Dohe—petugas di UPT Kesehatan Hewan Kecamatan Labangka yang dikonfirmasi Wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa Timur, Rabu (7/11) memastikan ternak itu mati akibat terpapar racun kontak jenis Bubik merk Lanate yang sengaja dimasukan di dalam Jambu Mente yang kemudian dimakan sapi. Ini diketahui setelah pihaknya melakukan tindakan pembedahan perut dan lambung sapi yang mati tersebut. “Dalam lambung terdapat buah Jambu Mente yang telah ditaburi bubuk racun,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Labangka, IPTU Sumardi membenarkan adanya kasus kematian dua ternak akibat memakan jambu mete yang di dalamnya ditaburi racun. Setelah diselidiki terungkap siapa pelakunya. Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku jambu mete racun itu sedianya untuk membunuh babi. Namun demikian kedua belah pihak setelah sepakat berdamai. Pelaku bersedia mengganti kerugian pemilik sapi. Kapolsek berharap kepada semua pihak untuk selalu berhati-hati jika menggunakan obat-obatan di sembarang tempat karena resikonya cukup membahayakan. (BUR/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Diduga Kerap Transaksi Shabu, Oknum Pegawai Honorer Dibekuk