Camat Moyo Hilir: Lindungi Anak Anak Kita dari Campak Rubella

oleh -81 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (01/08/2018)

Camat Moyo Hilir, M. Lutfi Makki meminta semua pihak untuk mengantisipasi anak-anak agar terhiondar dari penyakit campak Rubella. “Penyakit campak Rubella bisa berdampak pada kelainan jantung, kerusakan pendengaran, bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. Dan ini tentu sangat berpengaruh terhadap kualitas generasi bangsa kita,” tegas Camat Lutfi Ketika mencanangkan dimulainya Kampanye Measles Rubella (MR) di SMPN I Moyo Hilir,  Rabu (1/8) pagi.

Camat meminta para kepala desa, kepala sekolah, pemuka agama, pemuka masyarakat, dan lainnya ikut mendukung suksesnya kampanye Imunisasi Rubella tersebut.

Sebelumnya Kepala UPT Puskesmas Moyo Hilir, Abdul Hamid, SE menyampaikan untuk menyukseskan kampanye imunisasi MR ini telah disiapkan 97 pos pelayanan imunisasi, yang tersebar di semua sekolah, mulai dari PAUD/TK sampai SMP dan MTs. Dijelaskan pula bahwa kampanye imunisasi MR ini bersifat nasional dan vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lebih rinci dijelaskan bahwa penyakit Rubella merupakan penyakit yang menular melalui saluran pernafasan. Penyakit ini tidak memiliki obat, hanya dapat dicegah melalui vaksin Measles Rubella (MR).

Program kampanye imunisasi MR ini akan dilaksanakan selama dua bulan ke depan, yakni Agustus-September 2018. Sasarannya adalah anak dan remaja yang berusia 9 bulan sampai 15 tahun. Guna menuntaskan target di Kecamatan Moyo Hilir, pihaknya akan melakukan sweeping untuk memberikan imunisasi kepada anak anak yang tidak terjaring melalui sekolah. Diingatkan pula, salah satu bahaya Rubella apabila mengenai ibu hamil pada umur kehamilan awal, dapat menyebabkan keguguran, perlambatan perkembangan janin atau bayi, kebutaan, hingga penyakit jantung bawaan. Karena itu pihaknya akan terus melakukan sosialisasi sekaligus pelayanan imunisasi MR, sehingga dalam masa dua bulan kampanye MR ini bisa mencapai terget seratus persen. (SR)