Pakar IT Universitas Indonesia Ajak Sukseskan Sail Moyo Tambora 2018

oleh -63 Dilihat
Pakar IT Universitas Indonesia Dana Indra Sensuse, Ph.D

SUMBAWA BESAR, SR (20/07/2018)

Sambil menikmati hidangan kuliner khas ikan laut di kawasan Pantai Goa Karang Dima, Kamis malam (19/7/2018), Pakar IT Universitas Indonesia Dana Indra Sensuse, Ph.D menyatakan kekagumannya pada potensi Kabupaten Sumbawa. “Kabupaten Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan kedepan,”  puji jebolan Information Studies, University of Toronto, Kanada ini setelah melihat langsung kondisi Sumbawa.

Ia mengaku sudah banyak mendapat informasi tentang Sumbawa. selain nyaman, kulinernya khas, pantainya bagus dan potensi alamnya sangat menjanjikan, masyarakatnya ramah-ramah, serta utilitas daerahnya cukup lengkap. “Saya rasa Sumbawa Besar akan berkembang pesat di masa mendatang,” ungkap Dana. Terlebih dengan ditunjuknya Sumbawa sebagai tuan rumah even nasional Sail Indonesia Tahun 2018 maupun ditetapkannya dalam Gerakan Menuju 100 Smart City adalah salah satu indikatornya, tambahnya.

Baca Juga  Genjot PAD dari PLD, Pemprov Gelar Opgab Serentak

Ia menyarankan Kabupaten Sumbawa harus memiliki Pusat Informasi yang lengkap dan mudah diakses oleh masyarakat. “Tadi juga di Ruang Diskusi Smart City ada masukan dari teman-teman kecamatan dan desa untuk Program Smart City Kabupaten Sumbawa adalah dibangunnya Pusat Informasi, khususnya di sektor pariwisata secara umum,” imbuhnya.

Terkait dengan smart branding, sebutnya, paling tidak ada 3 potensi pariwisata Sumbawa yang harus dibranding antara lain Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Agro. Ia memberikan alasan mengapa memasukkan Wisata Agro karena potensi pertanian yang begitu besar di Sumbawa dapat dipoles menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata. Sentuhan informasi melalui pemanfaatan teknologi informatika penting untuk diperhatikan guna meningkatkan ekspekasi tinggi kunjungan ke Sumbawa.

Pakar IT UI yang ditemani Sekdis, Kabid TI, Kasi Sumber Daya TI Dinas Kominfotik Sumbawa, mengatakan bahwa kunjungannya selama 3 hari di Kabupaten Sumbawa bersama Kasubag Penyusunan Rancangan Peraturan Ditjen Aptika Kemkominfo Hendrik Sasmita Yudha SH adalah penugasan dari Kementerian Kominfo untuk memberikan Bimbingan Teknis Tahap I serta pendampingan Tim Smart City Kabupaten Sumbawa dalam menyusun Master Plan Smart City Kabupaten Sumbawa 2018-2021. Dana mengungkapkan bahwa Bimtek Tahap I ini adalah terfokus pada 6 elemen yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment yang diikuti oleh perangkat daerah, kecamatan dan desa/kelurahan.

Baca Juga  Kontingen O2SN Kecamatan Plampang Siap Berlaga dan Berprestasi

Di akhir bincang-bincangnya, pakar IT yang ramah ini mengajak untuk menyemarakkan dan menyukseskan even nasional Sail Indonesia 2018. “Sail Moyo Tambora ini adalah even nasional yang strategis, khususnya untuk membangun smart branding pariwisata Sumbawa, mari kita sukseskan bersama,” pungkasnya. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *