Tahun Depan, Program 1000 Mahasiswa ke Luar Negeri Dimulai

oleh -25 views

Dr Zul: Anggarannya Tidak Ganggu APBD

SUMBAWA BESAR, SR (12/07/2018)

Gubernur NTB terpilih, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc mengatakan program Zul Rohmi mengirim 1.000 mahasiswa keluar negeri akan dimulai tahun 2019 mendatang. Meski diakuinya proses ini tidak mudah, namun akan diupayakan. Sebab salah satu kendala mengirim mahasiswa keluar negeri ini adalah masalah Toefl dan IELTS Bahasa Inggris. Karena itu Pemda NTB akan mengadakan kursus bagaimana memperbaiki Toefl dan IELTS di semua kabupaten/kota di NTB. “Jika ini Toefl dan IELTS ini sudah teratasi, mudah bagi anak-anak kami kuliah di luar negeri. Jadi kami mulai tahun depan, karena penerimaan mahasiswa baru pada Bulan September mendatang,” ungkapnya.

Mengenai anggarannya, Doktor Zul—sapaan putra terbaik NTB ini menegaskan akan diusahakan tidak mengganggu anggaran APBD. Pihaknya akan mencari sumber-sumber lain. Apalagi sekarang banyak beasiswa kuliah keluar negeri, tetapi tidak bisa diraih karena persoalan Toefl dan IELTS yang terbatas. Saat ini ungkap Dr Zul, banyak orang China, Iran dan negara lain yang kuliah di luar negeri karena beasiswa. Padahal sebagian dari mereka tidak bisa berbahasa Inggris, tetapi Toefl-nya bagus. Ketika ditelusuri ternyata ada test untuk mengerjakan Toefl. “Itu saja, yang penting Toefl dan IELTS bisa, setelah tinggal di luar negeri biasanya Bahasa Inggrisnya menyusul sendiri,” ujarnya.

Sejelek-jeleknya anak-anak NTB, sambung Dr Zul, pasti bisa membaca Al-Quran. Dr Zul mencontohkan dirinya ketika kuliah di Belanda. Dia tidak perlu membayar makanan hanya karena bisa adzan. Tidak cerita orang Sumbawa tinggal di luar negeri menderita, karena paling banter akan menjadi pengurus pengajian. Bisa dibayangkan apabila semua ketua pengajian di dunia itu adalah anak NTB. “Kalau 1000 orang setiap tahunnya menginjakkan kakinya di luar negeri, maka tidak akan lagi memandang Sumbawa NTB ini sesuatu yang luar biasa. Kalau 700 dari 1000 saja setiap tahunnya kembali ke Jakarta dan semua punya posisi, saya bayangkan 10 hingga 15 tahun yang akan datang tidak ada satupun eselon I di semua departemen yang tidak ada orang NTB. Anggota DPR RI di Senayan pasti ada orang NTB nya.

Baca Juga  Siap Polisikan Jabir Cs, Ketua DPD PAN Sumbawa Tantang Sumpah Pocong

Jika sudah banyak tokoh NTB di Nasional, maka dengan sendirinya dukungan kepada daerah akan mengalir dengan nyaman. Daripada yang pintar pintar ini berkompetisi di dalam kolam yang kecil, ikannya besar besar dan taringnya tajam tajam. Itulah menurut saya cara kita mendistribusikan pemahaman yang baik ke seluruh dunia,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.