Tercatat Ribuan Siswa SMP di Sumbawa Belum Cairkan PIP

oleh -6 views
Kasubag Tugas dan Perbantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Mohammad Husnul Alwan S.Ag

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN SUB BAGIAN TUGAS PERBANTUAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (10/07/2018)

Hingga kini masih banyak siswa SMP di Kabupaten Sumbawa yang belum mencairkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat. Tercatat mencapai 4.033 siswa SMP yang tersebar di 24 kecamatan. Mereka adalah penerima PIP untuk SK tahun 2015, 2016 dan 2017. Data yang dihimpun SAMAWAREA, penerima Tahun 2015 mencapai 7.746 siswa. Yang sudah melakukan pencairan 6.982 (90,14%). Kemudian Tahun 2016, 9.866 siswa, sudah dicairkan 8.953 (90,75%). Sedangkan 2017, penerimanya 9.389 siswa. Yang sudah dicairkan 7.033 (74,91%). Untuk mempercepat tuntasnya pencairan ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turun ke Kabupaten Sumbawa guna melakukan monitoring. Kegiatan yang di pusatkan di SMP Negeri 1 Labuhan Badas belum lama ini langsung dihadiri Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring dan Implementasi Kebijakan, Alfha Amir Rahman, MFil., Ed., Phd. “Kami minta data siswa penerima diverifikasi ulang. Bisa jadi data itu sudah tidak sinkron lagi dengan kondisi ekonomi siswa sebelum dan sesudah diusulkan sebagai penerima bantuan,” kata Alfha Amir Rahman, kemarin.

Selain lanjut Alfha, keberadaan siswa harus dicek kembali. Karena kemungkinan siswa penerima ini sudah pindah ke sekolah lain, menikah atau tidak bersekolah lagi. Dinas Dikbud dan sekolah juga diminta melakukan pengecekan untuk memastikan apakah masalahnya ada pada siswa atau alotnya pelayanan di bank dalam pencairan. “Meski masih banyak yang belum mencairkan kami tetap memberikan apresiasi terhadap daya serap pencairan PIP di Kabupaten Sumbawa yang sudah di atas 80%,” pujinya.

Baca Juga  Sukseskan Program di Pupinka, Rumah Zakat Galang Dukungan Tokoh Masyarakat

Selain melakukan monitoring, Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring dan Implementasi Kebijakan ini memberikan rekening PIP kepada 300 siswa SMP di 6 kecamatan yakni Kecamatan Sumbawa, Unter Iwes, Labuhan Badas, Moyo Hilir, Moyo Hulu dan Moyo Utara. Rekening yang dibagikan itu dapat digunakan untuk mencairkan PIP kapan saja.

Sementara itu Kasubag Tugas dan Perbantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Mohammad Husnul Alwan S.Ag, menyatakan siap untuk memenuhi permintaan staf khusus Mendikbud ini untuk dilakukan verifikasi ulang terhadap data siswa penerima bantuan PIP. Pihaknya akan segera melakukan roadshow ke seluruh kecamatan guna percepatan pencairan PIP. “Memang datanya harus diverifikasi ulang, biar kita tahu dimana kendalanya. Segera kita roadshow ke sekolah-sekolah,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 1 Labuhan Badas, A Rahman Semba S.Pd, berharap khusus PIP untuk pelajar kelas IX dapat dicairkan sebelum mereka menamatkan pendidikannya di bangku SMP. Pengalaman selama ini, PIP tersebut biasanya cair setelah mereka tamat sehingga sekolah agak kelabakan mencari keberadaan siswa. “Semoga PIP untuk siswa kelas IX tahun 2018 dicairkan sebelum mereka tamat. Kan lumayan bantuannya dapat digunakan untuk keperluan melanjutkan pendidikan,” pungkas Rahman. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.