Sambut Hari Jadinya, Aisyiyah Gelar Seminar Kesehatan THT  

oleh -24 views

SUMBAWA BESAR, SR (05/07/2018)

Aisyiyah kini memasuki usia ke-104 pada Tahun 2018 ini. Untuk menyemarakkan hari jadinya, Pengurus Daerah Aisyiyah Kabupaten Sumbawa menggelar Seminar Kesehatan THT, Rabu (4/7) kemarin. Hadir pada acara yang dilaksanakan di Aula Sekretariat PKK Kabupaten Sumbawa ini di antaranya sesepuh Organisasi Wanita, Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Sumbawa, Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten Sumbawa, narasumber dan segenap panitia penyelenggara serta para peserta seminar.

Sesepuh Organisasi Wanita Kabupaten Sumbawa Hj. Amin Rahmani Husni Djibril menyampaikan apresiasi pelaksanaan kegiatan seminar kesehatan THT itu sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan THT baik bagi pria maupun wanita. Ia berharap agar kegiatan itu dapat menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Majelis Kesehatan Pengurus Daerah Aisyiyah Kabupaten Sumbawa. Disampaikan pula bahwa Aisyiyah sebagai salah satu organisasi otonom bagi Wanita Muhammadiyah yang didirikan pada 27 Rajab 1335 Hijriyah, bertepatan dengan 19 Mei 1937 Masehi oleh Nyai Ahmad Dahlan di Yogyakarta, telah memberikan corak tersendiri dalam ranah sosial, pendidikan, kesehatan, dan keagamaan yang selama ini menjadi titik tolak gerakannya. Gerakan Aisyiyah dari waktu ke waktu terus berkembang dan memberikan manfaat bagi peningkatan dan kemajuan harkat dan martabat perempuan Indonesia, antara lain dengan adanya amal usaha yang terdiri atas ribuan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, hingga Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan khusus untuk Aisyiyah Kabupaten Sumbawa, telah memiliki cukup banyak sekolah dan lembaga sosial lainnya, seperti TK Aisyiyah Bustanul Jannah, Klinik Keluarga Berencana, 25 Anak Asuh dan 29 lansia Asuhan Aisyiyah. Fakta tersebut tentunya telah cukup menjadi bukti bahwa komitmen dan kiprah Aisyiyah untuk memajukan kehidupan masyarakat, bangsa dan dunia kemanusiaan dalam bingkai gerakan amar ma’ruf nahi munkar, benar-benar telah termanifestasi dalam setiap gerak langkah dan aktivitas aisyiyah. Karenanya sangat wajar jika dalam hasil penelitian yang pernah dilakukan dr. Alwi Shihab (Mantan Menteri Luar Negeri pada masa Presiden Gusdur), mengatakan bahwa Aisyiyah merupakan sayap gerakan perempuan Muhammadiyah yang paling kondusif dan progresif di dunia muslim manapun. Dan tentunya hal tersebut merupakan sebuah kekuatan yang sangat besar, dan harus terus dijaga secara konsisten oleh Keluarga Besar Aisyiyah sehingga dapat mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Sumbawa hebat dan bermartabat.

Baca Juga  Percepat Gedung Klas III RSUD, Tambah Tenaga dan Jam Kerja

Sementara itu, Pimpinan Aisyiyah Kabupaten Sumbawa, Ir. Hj. Nur Zainab, melaporkan bahwa seminar kesehatan Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan THT, agar hal-hal yang berhubungan dengan penyakit THT dapat dicegah dan diantisipasi lebih dini. Disampaikan pula beberapa kegiatan lainnya yang telah dan akan dilaksanakan sehubungan dengan Milad Aisyiyah ke-104, antara lain Lomba Tartil Qur’an bagi anggota Aisyiyah, Lomba membaca ayat pendek bagi siswa TK ABA, lomba mewarnai bagi TK dan PAUD, lomba pidato agama bagi siswa SMA, SMK dan MA, serta silaturrahim kepada 10 orang Sesepuh Aisyiyah. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.