Dikbud Sumbawa Gelar Forum Terbuka Susun Pokir Kebudayaan Daerah 

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (02/07/2018)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa menggelar Forum Terbuka Penyusunan Pokok Pikiran (Pokir) Kebudayaan Daerah (PPKD) sebagai implementasi dari UU No. 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, Senin (2/7). Kegiatan yang digelar di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Bappeda, camat dan Ketua LATS Kecamatan, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh budaya se-Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan bahwa pasal 8 UU No. 5 Tahun 2017 secara tegas menyebutkan salah satu pedoman pemajuan kebudayaan nasional adalah pada pokok pikiran kebudayaan daerah kabupaten/kota. Hal ini dimaksudkan agar setiap pokok pikiran kebudayaan nasional yang dirumuskan dapat mewakili aspirasi budaya tiap-tiap daerah. Disampaikan pula bahwa upaya merumuskan pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah ini selain dimaksudkan untuk melestarikan budaya lokal daerah, seharusnya juga dihajatkan untuk mengantisipasi dampak dari semakin gencarnya arus globalisasi. Bupati meminta semua pihak untuk mempertimbangkan efek globalisasi yang begitu mudah menembus batas-batas wilayah, sehingga cenderung menjadikan budaya menjadi satu warna.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, H. Sudirman Malik, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu bahan dasar penyusunan pokok pikiran kebudayaan Provinsi NTB. Selanjutnya secara berjenjang menjadi bahan dasar penyusunan strategi kebudayaan untuk menjadi dasar penyusunan Rencana Induk Kebudayaan yang akan termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah. Obyek penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Sumbawa Tahun 2018 meliputi manuskrip, tradisi lisan, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, olahraga tradisional dan cagar budaya. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Sejahterakan Petani, Bupati KSB Launching Program RPIK LKIK di Senayan

No More Posts Available.

No more pages to load.