Wakili NTB di Padang, Tiga Siswa Sumbawa Berlaga di OSN SD

oleh -65 views

Salah Satunya Siswa SDIT Samawa Cendekia

SUMBAWA BESAR, SR (1/7/2018)

Tiga siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sumbawa mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Padang, Sumatera Barat, 1—7 Juli 2018. Mereka adalah Rama Dianto siswa SDIT Samawa Cendekia mengikuti OSN Bidang IPA. Rama Dianto merupakan rangking 65 nasional. Kemudian Wahyu Rafi Hamdani dari SDN 1 Sebasang Ketanga (Rangking 53 Nasional) dan Muhammad Fadhlurrahman dari SDN 1 Alas (Rangking 50 Nasional). Keduanya mengikuti lomba OSN mata pelajaran Matematika. Ketiganya berangkat ke Padang didampingi orang tuanya masing-masing. Ketiga duta Sumbawa ini terpilih mewakili NTB bersama 5 siswa lainnya. Yakni Dennune Gumintang Sorenggana (SDN 4 Praya Lombok Tengah) untuk Matematika, Muhammad Haydar Iyaasfathila (SDN 2 Praya Loteng) bidang IPA, I Nyoman Bayu Udiyana (SDN 1 Dompu) bidang IPA, Arqam Nurfakhuruddin Arrozi (SDN 9 Rabangodu Utara Kota Bima) bidang Matematika, dan Joylin Putri Thejo Kusumo (SDK Aletheia Ampenan Kota Mataram) bidang Matematika.

Sri Astuti—orang tua Rama Dianto kepada media ini mengatakan sebelum diberangkatkan ke Padang, seluruh siswa yang mewakili NTB ini mengikuti pembinaan oleh tim dari Dinas Dikpora NTB. Ia berharap kedelapan orang siswa termasuk tiga dari Sumbawa mengharumkan nama daerah dengan mengikuti prestasi terbaik. Khusus Rama Dianto, Sri Astuti mengharapkan anaknya ini tidak merasa gugup karena ajang tingkat nasional ini pertamakali diikutinya. Meski sebelumnya Rama sudah sering lomba mewakili sekolahnya hingga tingkat nasional. “Kami berharap dukungan dan doa masyarakat Sumbawa agar Rama bisa mengharumkan nama Sumbawa di Padang nanti,” pintanya.

Baca Juga  Gubernur NTB : Warisan yang Paling Berharga Adalah Pendidikan

Sementara Rama Dianto mengaku sangat siap mengikuti ajang tersebut. Sebab selama tiga bulan bocah bertubuh bongsor ini mengikuti latihan di bawah bimbingan guru pendamping maupun pihak lain di luar sekolahnya. “Saya merasa sangat siap, semoga diberikan kemudahan dalam menjawab soal dengan baik dan benar,” ucapnya.

Kepala SDIT SC, Sambirang Ahmadi bersama siswa kebanggaannya, Rama Dianto

Kepala SDIT SC, Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si mengaku bangga dapat melahirkan siswanya yang berprestasi dan kini mewakili NTB ke ajang nasional. Rama menurut Sambirang, adalah anak yang selalu optimis dan tidak kenal putus asa. Siswa ini dua kali berturut-turut juara 1 OSN tingkat Kabupaten. Dan tahun lalu saat di Provinsi, dia belum berkesempatan tembus nasional. “Rama adalah anak yang selalu ingin mewujudkan rasa penasarannya. Dan kita dari pihak sekolah mensupport segala yang dia butuhkan. Karena anaknya sendiri punya tekad yang kuat, low profil, dan tidak gampang bosan. Sehingga pembimbingan berjalan dengan baik,” ungkap Sambirang.

Ia berharap di tingkat nasional nanti, Rama bisa tetap optimis dan bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Sebelumnya pihak sekolah sudah menyiapkannya dengan pembimbingan yang relative lama. Di SDIT SC—tempat Rama menimba ilmu ada unit khusus yang membimbingnya. Selain itu SDIT SC bekerjasama dengan ahli dan guru dari luar. Dukungan orang tuanya juga sangat luar biasa. “Jadi segala upaya sudah kita lakukan dalam rangka pembinaan dan bimbingan. Kami hanya memohon doa dan dukungan masyarakat Sumbawa semoga Rama bisa membawa harum nama NTB di tingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga  SMAN 1 Sumbawa Juara Lomba Lintas Medan 2018

Disinggung mengenai regenerasi, Sambirang mengaku tetap diupayakan mengingat Rama sudah duduk di bangku kelas 6 SD. Di sekolah ada semacam unit pembinaan OSN yang melakukan seleksi secara regular guna mencari bakat dan minat anak didik. Memang diakuinya, sangat susah mencari anak yang konsen, dan memiliki daya tahan untuk belajar. Anak-anak sekarang gampang jenuh. Namun pihaknya akan terus berupaya menemukan upaya regenrasi dengan membuat skema seleksi di tingkat internal atau olimpiasde olimpiade mini tingkat sekolah. “Output dari sini yang kita orbitkan ke luar sekolah,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.