Segera Move On Sambut Pemimpin Baru ! Ini Harapan untuk Pengganti TGB

oleh -76 Dilihat

MATARAM, SR (1/7/2018)

Usai penyelenggaraan kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018, Rabu (27/6) lalu, kini menghadirkan harapan-harapan baru bagi sebagian masyarakat Nusa Tenggara Barat. Bagi Uul Efriyanti P, mahasiswa pasca sarjana Universitas Mataram berharap, munculnya pemimpin baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan benar-benar memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di NTB. Siapa pun yang nanti muncul sebagai gubernur baru, harus segera memperbaiki kondisi dunia pendidikan. “Agar sarana dan fasilitas pendidikan segera diperbaiki, terutama di daerah-daerah terpencil,” harap Uul Efriyanti, kemarin.

Menurutnya, di daerah-daerah terpencil di NTB, fasilitasnya memprihatinkan. Umumnya infrastrukturnya masih buruk, selain juga kesejahteraan guru-gurunya jauh dari sejahtera. “Anak-anak di daerah terpencil juga kekurangan banget buku-buku bacaan,” terangnya.

Ia juga berpendapat, meski kepemimpinan Gubernur NTB, M. Zainul Majdi sudah menunjukkan prestasi cukup baik dalam membangun NTB, namun masyarakat berhak berharap agar pemimpin baru berprestasi lebih baik dari pemimpin sebelumnya. “Capaian yang sudah baik harus menjadi kian baik,” imbuhnya.

Rencana adanya pengiriman seribu anak muda NTB kuliah ke luar negeri, harus juga terealisasikan. Sebab, pembangunan daerah bukan hanya infrastruktur fisik. “Sumber daya manusia itu juga bagian dari infrastruktur utama daerah,” ujarnya.

Agus K Saputra, lulusan Fakultas Ekonomi Unram yang saat ini menjadi salah satu pejabat di PT Pegadaian Kantor Wilayah Denpasar, mengaku bangga menjadi rakyat NTB. “Kala melihat persentase sebaran hasil pencoblosan, kiranya ini menandakan bahwa arus politik atau peristiwa demokrasi di NTB sudah merata,” katanya.

Baca Juga  Optimalisasi Pendapatan Daerah, Wabup Apresiasi Masukan dari Fraksi PKS

Disebutkan, dalam perpektif politik, di tingkat nasional tentu saja peristiwa ini menjadi catatan penting di tahun 2018. “Semoga peristiwa ini juga “mengangkat” para kader yang berbasis di NTB, di peta politik nasional,” ujar Agus K Saputra yang semasa mahasiswa menjadi aktivis Koran Kampus Media Unram.

Searah jarum jam : Gde Wenten (Tokoh Masyarakat Hindu ) , Saefullah Sapturi( seniman ) , Uul Efriyanti ( Mahasiswa Pasca Sarjana ) Agus K Saputra ( Kepala Pegadaian )

Seperti halnya Uul Efriyanti yang berharap setelah habisnya masa kepemimpinan Gubernur NTB sebelumnya, Agus juga berharap masyarakat harus cepat move on pada pemimpin baru. Mendorong pemimpin baru segera mengakselerasi pembangunan yang sudah dilakukan sebelumnya. Gubernur NTB  terpilih, diharapkan bisa amanah, serta mampu membangun NTB menjadi lebih maju. Bisa membangun NTB lebih baik, membawa NTB lebih maju dari sektor perekonomian, dari sektor agama lebih bersatu lebih, bisa menciptakan toleransi yang baik. “Pemimpin baru harus bisa membawa gerbong pembangunan NTB bisa jauh lebih baik,” beber Agus.

Saepul Sapturi, seniman dan sutradara teater yang sehari-hari bekerja sebagai ASN di Taman Budaya NTB mengungkapkan, pemimpin baru NTB harus lebih sungguh-sungguh memajukan sektor budaya. Ditegaskannya, memajukan sektor budaya tentu tidak semata-mata memajukan seni tradisi. Memajukan budaya yang berbasis tradisi memang penting, tapi tak kalah pentingnya adalah memberi perhatian pada dunia penciptaan budaya. Di NTB, banyak seniman-seniman NTB di bidang seni pertunjukan seperti tari dan teater serta musik, maupun seni sastra yang berprestasi secara nasional. “Terus terang, perhatian pemerintah daerah pada karya seni modern masih kurang. Dan sekarang saatnya perhatian itu harus lebih besar,” kata Saepul yang dikenal humoris ini.

Baca Juga  Satu Positif Covid-19 di NTB, Sumbawa Intensifkan Pengawasan

Pemimpin baru diharapkan bisa menjalin dialog lebih baik dengan seniman dan budayawan. Provinsi NTB mempunyai sarana pengembangan budaya seperti Taman Budaya, yang harus mendapat dukungan lebih baik lagi. “Agar seniman lebih banyak menghasilkan karya-karya budaya terbaiknya,” tambahnya.

Sementara itu Tokoh Masyarakat Mataram, Gde Wenten mengharapkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih diberikan kesempatan untuk menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan visi dan misi yang tercantum dalam renstra lima tahun ke depan. “Harapan saya yang lain selalu dekat dengan rakyat tanpa membedakan suku, ras dan agama. Bisa menerima perbedaan dan pendapat (aspirasi) dari masyarakat NTB untuk menuju NTB gemilangnya,” ungkap Gde Wenten. (SR)

 

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *