Jelang Pendaftaran Caleg, Beberapa Anggota DPRD Sumbawa Bakal di-PAW

oleh -4 views
Sudirman SIP, Komisioner KPU Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (01/07/2018)

Menjelang pendaftaran Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota yang dibuka selama 14 hari mulai 4 Juli hingga 17 Juli 2018, diperkirakan ada beberapa anggota DPRD Sumbawa yang mengundurkan diri dari partai politik yang diwakilinya pada pemilu terakhir. Jika ini benar, maka anggota DPRD bersangkutan harus mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Sumbawa dan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW). Meski belum resmi, ada beberapa anggota DPRD yang enggan menyebutkan namanya sudah berencana mengundurkan diri dari parpol yang diwakilinya sekarang dan bersedia menjadi bakal calon anggota DPRD 2019 dari partai politik yang berbeda. Sebagian besar alasan pengunduran diri anggota DPRD ini karena persoalan internal Parpol.

Menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Sumbawa, Sudirman S.IP yang dihubungi Minggu (1/7), bahwa anggota DPRD yang pindah partai telah diatur dalam PKPU No. 20 Tahun 2018, pasal 8 bahwa anggota anggota DPRD yang ingin menjadi calon di luar partai awal harus mengundurkan dari keanggotaan parpol dan anggota DPRD. Untuk memenuhi hal itu ada beberapa dokumen yang dilampirkannya saat mengajukan diri sebagai Calon Anggota DPRD ke KPU. Yakni, surat pengajuan pengunduran diri sebagai anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Kemudian tanda terima dari pejabat yang berwenang atas penyerahan surat pengajuan pengunduran diri. Dan, surat keterangan bahwa pengajuan pengunduran diri sedang diproses oleh pejabat yang berwenang.

Baca Juga  Haji Jarot: Masyarakat Bisa Bedakan Hasil Survey untuk Referensi atau Propaganda

Selanjutnya untuk SK pemberhentiannya sebagai anggota DPRD ini harus diterima KPU paling lambat satu hari sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Jika SK itu tidak ada, maka Caleg tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak lolos untuk ditetapkan dalam DCT. Tidak hanya itu, ungkap Sudirman, KPU tidak akan menerima dokumen persyaratan bakal calon anggota DPRD apabila melewati tenggat waktu pengajuan yaitu 17 Juli 2018 pukul 00.00 Wita. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.