Peringati Hari Donor Sedunia, UTD PMI Sumbawa Kekurangan Darah

oleh -15 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/06/2018)

Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumbawa memperingati Hari Donor Sedunia secara khidmat. Selain menggelar aksi donor darah, jajaran setempat dan beberapa pengurus PMI mengikuti halal bihalal dengan memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Sekretaris PMI Kabupaten Sumbawa, Drs. Kaharuddin HM, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran UTD yang melaksanakan kegiatan bermanfaat ini. Ia juga memberikan apresiasi kepada para pendonor yang secara rutin menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan mengingat kebutuhan darah khususnya di Kabupaten Sumbawa masih sangat minim. Melalui Hari Donor Sedunia bertemakan “Hadir untuk Sesama, Donorkan Darah, Selamatkan Jiwa”, Kahar berharap akan lahir pahlawan-pahlawan kemanusiaan.

Di bagian lain, Kahar meminta pengelola UTD maupun jajaran PMI Sumbawa terus menerus mensosialisasikan pentingnya donor darah terutama bagi kesehatan. Dari sosialisasi ini diharapkan akan lahir pendonor aktif dan sukarela yang secara rutin mendonorkan darahnya.

Sementara ditemui terpisah, Kepala UTD PMI Sumbawa, dr. Musyayyadah mengakui kekurangan stok darah. Harusnya stok darah untuk satu wilayah kabupaten 2 persen dari jumlah penduduk. Artinya dengan jumlah penduduk Sumbawa yang mencapai 500 ribu lebih, harus tersedia sekitar 1.100 kantong per bulan. Sejauh ini pihaknya baru mampu memenuhi 500—600 kantong darah dalam sebulan. “Masih kekurangan sekitar 50 persen,” aku Dokter ramah ini.

Baca Juga  Ikuti Open Turnament LaPade Cup 2017, Berolahraga Sambil Berwisata

Meski secara kalkulasi darah yang dikelola UTD masih kurang, dr. Musyayyadah mengaku belum menemui kendala dalam memenuhi permintaan masyarakat. Ini karena adanya donor sukarela dan donor keluarga pasien. Di samping itu, intensifnya jajaran UTD bergerak melalui MU (Mobil Unit) mengunjungi setiap desa. “Kalau setiap desa kita kunjungi untuk MU berlangsung kontinyu dan aktifnya masyarakat di sana untuk berdonor, insyaAllah kebutuhan darah itu akan mencukupi bukan hanya untuk masyarakat Sumbawa tapi bisa membantu masyarakat di daerah tetangga,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.