Hitung Cepat IISBUD: Zul Rohmi Menang, Selisih 5,11 % dari Suhaili Amin

oleh -18 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/06/2018)

Hasil hitung cepat Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea (IISBUD Sarea) sama seperti hasil quick count LSI Denny JA. Sebab kedua lembaga survey ini sama-sama memenangkan pasangan Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc—Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd pada Pilgub NTB, meski beberapa pihak mengklaim pasangan selain Zul Rohmi yang unggul.

Dikonfirmasi SAMAWAREA, Kamis (28/6), Rektor IISBUD, Muhammad Yamin SH MH mengakui hal itu. Hitung cepat menggunakan sistem Multi Stage Random Sampling ini dilakukan dengan mengambil sampel 846 TPS dari 8.336 TPS se-NTB. Dengan suara masuk 100 persen, IISBUD mencatat Zul Rohmi meraih 31,63%, Suhaili Amin 26,52%, Ahyar Mori 25,43% dan Ali Sakti 16,41%. Selisih antara Zul Rohmi dengan Suhaili Amin cukup jauh yakni 5,11%. IISBUD meyakini hasil hitung cepat yang mereka lakukan tidak jauh beda dengan perhitungan KPU nanti yakni menetapkan Zul Rohmi sebagai pemenang. Kalaupun terjadi perbedaan tidak terlalu sekitar 1—2%. Mengenai adanya informasi berseliweran dan saling klaim sebagai pemenang, Young—sapaan Rektor IISBUD ini, mengutip i’tibar Denny JA, bahwa survey ini sama seperti mencari hilal penentuan masuknya Ramadhan. Dengan sistem yang berbeda bisa berbeda pula hasilnya namun tidak terlalu signifikan. “Kami meyakini bahwa hasil survey kami ini adalah pertarungan akademik dari lembaga perguruan tinggi kami untuk mencari siapa di antara empat kandidat yang memiliki suara signifikan. Hasil yang kami rilis ini bisa kami pertanggungjawab dengan mempertaruhkan kredibilitas lembaga survey yang kami bentuk,” ujarnya.

Baca Juga  Peduli Lingkungan, Mahasiswa UNSA ke Kanada

Namun demikian Young menyatakan bahwa hasil akhirnya nanti tetap mengacu pada Real Count KPU yang memiliki kewenangan untuk menetapkan siapa pemenang dari Pilgub NTB tersebut. Real Count KPU sendiri masih terus berproses dengan suara masuk secara bertahap dari sejumlah daerah. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.