Terapkan Pelayanan Cepat dan Mudah, RSUD Berlakukan Daftar Loket Online

oleh -69 views
Kondisi Loket Pendaftaran di RSUD Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (26/06/2018)

Salah satu yang dikeluhkan masyarakat terhadap pelayanan di RSUD Sumbawa adalah proses pendaftaran di loket. Selain lokasinya sempit, padat dan tidak nyaman, juga prosesnya lama. Terkadang antrian begitu panjang sehingga tidak jarang pasien terpaksa pulang enggan berobat di RSUD dan memilih dokter praktek meski biayanya relative lebih mahal. Belum lagi ada beberapa loket yang harus disambangi pasien. Sudah menunggu di loket pendaftaran, pasien juga mengantri di loket BPJS. Ini juga harus menunggu giliran dipanggil pihak Poli untuk dilayani. Artinya pasien harus melewati birokrasi yang cukup panjang dan alot untuk bisa mendapat pelayanan kesehatan di RSUD Sumbawa.

Persoalan klasik ini tentu tidak boleh terus menjadi tradisi. Harus diretas, diurai dan dicarikan solusi. Inilah yang dilakukan Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri. Meski masih baru menjabat, dr. Dede melakukan inovasi. Salah satu upayanya dengan menerapkan pendaftaran loket secara online. Menurut dr. Dede, cara ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat. Bagi masyarakat (pasien) yang ingin mendaftarkan diri untuk dilayani di RSUD Sumbawa tidak perlu lagi mengantri di loket. Pasien hanya menghubungi petugas melalui telepon, pesan singkat (SMS) atau WA (Whatsapp) dengan nomor 085 253 808 808.

Pendaftaran online ini memiliki syarat dan ketentuan. Yakni, bagi pasien peserta BPJS wajib membawa dan melengkapi persyaratan di antaranya kartu asli BPJS, Kartu KK asli atau fotocopy, E-KTP asli atau fotocopy, serta surat rujukan dari dokter atau puskesmas. Kemudian bagi pasien umum, melengkapi diri dengan E-KTP atau paspor dan SIM asli atau fotocopy, kartu KK asli atau fotocopy.

Baca Juga  Hari Penyiaran Nasional, Momentum Transformasi ke Siaran Digital

Hal penting lainnya untuk pendaftaran online adalah, bagi pasien yang pernah berobat baik menggunakan BPJS maupun non BPJS (umum) diharapkan membawa kartu berobat yang telah diberikan oleh petugas loket pendaftaran. Selain itu pendaftaran dapat diterima mulai pukul 15.00 hingga 18.00 Wita. “Sejak puasa kemarin, pendaftaran online ini sudah kami luncurkan, mungkin sebagian besar masyarakat belum mengetahuinya. Makanya masih banyak yang datang mendaftar secara konvensional. Jadi kami harus gencar melakukan sosialisasi,” pungkasnya.

Andini—salah seorang pengunjung RSUD menilai pendaftaran online sangat bagus. Hal ini sebagai upaya rumah sakit memberikan kemudahan kepada masyarakat. Masyarakat yang sakit tidak perlu lagi menunggu lama hanya untuk urusan administrasi. Apalagi kondisi loket yang sempit dan panas membuat pasien merasa tidak nyaman. Belum lagi direcoki dengan pendaftaran ganda, sudah di loket rumah sakit, bayar di loket bendahara, juga diwajibkan mendaftar di loket BPJS untuk pasien BPJS. “Ini langkah baru dan sangat inovatif bagi direktur baru, kami ucapkan sukses selalu,” cetusnya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.