Amankan Pilgub di Sumbawa, 2.000-an Personil Dikerahkan

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/06/2018)

Sekitar 2.000 lebih personil gabungan di Kabupaten Sumbawa siap mengamankan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, 27 Juni lusa. Untuk memastikan kesiapannya, para personil yang terdiri dari Polri, TNI dan Linmas ini mengikuti Apel Gelar Pasukan sekaligus simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kegiatan yang digelar di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa, Senin (25/6) ini dipimpin Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIk MT. Ikut menyaksikan Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kajari Paryono SH, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat S.Ag, Divisi Logistik KPU, Nurkhokis SAP, Ketua Panwas, Syamsihidayat SIP beserta anggotanya Agusti S.Pd.I.

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK., MT yang ditemui wartawan usai apel mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para penyelenggara pemilu. Jika terjadi sesuatu di lapangan maka penyelenggara akan mengetahui apa yang harus dilakukan. Selain itu, simulasi pengamanan TPS ini pertamakali dilakukan. Dan para penyelenggara diakui sudah melaksanakan bimbingan tekknis (Bimtek), namun dengan simulasi tersebut para penyelenggara di tiap TPS akan lebih memahami akan tugasnya masing-masing.

Selaku pengendali operasional di Polres Sumbawa, Kapolres menyatakan akan meminta back-up dari aparat TNI dan Satuan Brimob. Hal ini dilakukan apabila situasi di lapangan sudah tidak memungkinkan. Dalam kegiatan itu, Dandim 1607 Sumbawa juga sudah menyatakan kesiapannya untuk membantu pengamanan pemilukada di Sumbawa.

Baca Juga  Polisi Ringkus Tiga Pembakar Bungalow di Pulau Moyo

Lebih jauh disebutkan Kapolres, anggota Polres Sumbawa yang dilibatkan dalam pengamanan TPS mencapai 581 orang. Anggotanya dibantu puluhan anggota TNI dan sekitar 1.700 personel Linmas. Nantinya dalam pengamanan dibagi tiga kategori yaitu kategori aman, rawan satu dan rawan dua. Untuk TPS kategori aman, satu personel mengamankan lima sampai 10 TPS. Untuk rawan dua, dua orang untuk dua TPS dengan 10 orang anggota Linmas. Sementara TPS kategori rawan dua ditempatkan dua personel polisi di satu TPS.

Kapolres menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan pelatihan pengamanan sedemikian rupa. Namun semua kembali kepada diri masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Pihaknya berharap agar masyarakat tetap menjaga dan mengedepankan keamanan sehingga daerah tetap kondusif. “Kita memang berbeda pendapat. Tapi jangan perbedaan malah memisahkan kita. Dengan perbedaan itu kita harus menciptakan keakraban dan harmonisasi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi panduan di lapangan baik pelaksanaan di TPS maupun pengamanan secara umum. Dengan pengamanan yang maksimal didukung peran aktif masyarakat, Pilkada di Kabupaten Sumbawa dapat berjalan aman dan lancar. “Ini jadi pedoman kita nanti dalam pelaksanaannya,” singkat Wabup.

Sementara Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf. Samsul Huda siap membantu menyukseskan Pilkada 2018. Ada 130 personil TNI yang diturunkan. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk bersikap netral. “Kita akan memback-up dalam pelaksanaannya. Intinya netralitas dan komitmen kita harus ada agar Pilkada ini dapat berjalan sukses,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.