Jumlah TPS dan Pemilih Sumbawa di Pilpres Bertambah

oleh -77 views

SUMBAWA BESAR, SR (17/06/2018)

Jumlah pemilih untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang, bertambah. Tidak hanya pemilih, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga bertambah. Hal ini terungkap pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Hasil Pemuktahiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Pemilu Tahun 2019 tingkat Kabupaten Sumbawa yang digelar di Hotel Sernu, Minggu (17/6). Rapat Pleno yang dipimpin Ketua KPU, Syukri Rahmat S.Ag didampingi anggotanya, Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi S.Pt., MP, Aryati S.Pd.I, dan Nur Kholis S.AP ini dihadiri Ketua Panwaslu Syamsi Hidayat S.IP beserta anggota dan tim ahlinya, para PPK, PPS, pejabat dari Kesbangpoldagri, dan Dinas Dukcapil Sumbawa. Rapat pleno tersebut berlangsung dinamis, aman dan lancar.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag yang ditemui usai rapat menyatakan bahwa Rapat Pleno itu berlangsung lancar. Selanjutnya DPS yang telah ditetapkan tersebut akan diumumkan mendapat tanggapan masyarakat. Ketika ada pengurangan dan penambahan pemilih, maka disediakan ruang untuk dilakukan perbaikan DPS yakni 8 Juli sampai dengan 21 Juli 2018. Setelah dilakukan rekapitulasi dari DPS hasil perbaikan, ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kemudian diumumkan mulai 28 Agustus 2018 hingga 17 April 2019 mendatang. “Sangat memungkinkan ada perubahan DPS karena ada yang meninggal dunia, pindah domisili ataupun pemilih ganda,” aku Syukri.

Baca Juga  Sudah Jadi Tersangka, Kades Lape Kembali Terlibat Tipilu

Dari data hasil Rapat Pleno Rekapitulasi DPS, ungkap Syukri, terjadi peningkatan jumlah pemilih dari 322.465 orang yang tercatat dalam DPT Pilgub NTB, menjadi 329.505 orang. Artinya ada penambahan sekitar 7.040 pemilih. Penambahan jumlah pemilih ini karena ada pemilih pemula yang cukup signifikan.

Demikian dengan jumlah TPS juga mengalami peningkatan. Dari sebelumnya 861 berkembang menjadi 1.415 TPS. Ia berharap dengan adanya penambahan jumlah pemilih partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya juga meningkat. Dan dengan berkembangnya jumlah TPS, semakin memudahkan masyarakat untuk diakomodir dalam menyalurkan hak pilihnya.

Secara terpisah Ketua Panwaslu Sumbawa, Syamsi Hidayat S.IP mengapresiasi pihak KPU yang mengakomodir semua masukan yang disampaikan Panwas. Hasil rapat pleno mengenai adanya penambahan pemilih pemula itu dinilai sudah valid. Kemudian mengenai adanya pemilih yang meninggal dunia dan pindah domisili, nanti akan diperbaiki pada saat perbaikan DPS sesuai jadwal yang telah ditetapkan. “Rapat pleno tadi aman dan lancar. Untuk tahap-tahap selanjutnya, kami akan terus meningkatkan pengawasan,” demikian Syamsi. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.